hut

Gubernur DKI Sambut Kepulangan Tim Satgas Karhutla

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyambut tim satuan tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. Tim Satgas Terpadu Karhutla Pemprov DKI Jakarta ini sudah menunaikan tugas kemanusiaan di Provinsi Jambi yang terdampak kabut asap, sejak tanggal 20-30 September 2019, khususnya di tiga wilayah, yakni Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Alhamdulillah, sore ini kita menyambut kembalinya para anggota Satgas Terpadu Penanggulangan Bencana Pemprov DKI Jakarta yang selama 10 hari bertugas di Provinsi Jambi. Ada 79 personel yang bertugas di sana. Terima kasih sudah menjalankan amanat ini dengan baik. Ini adalah sebuah kehormatan,” ucap Anies,  Selasa (1/10/2019).

Anies mengatakan, sebagai daerah yang heterogen, DKI Jakarta patut memberikan bantuan dalam menangani bencana di daerah lain. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk perhatian Pemprov DKI kepada masyarakat pendatang yang bermukim di Ibu Kota.

“Kami memiliki perasaan yang dekat kepada saudara-saudara di berbagai wilayah yang mengalami bencana alam di belahan Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, bantuan kemanusiaan yang dikirim DKI merupakan agenda rutin. Beberapa waktu lalu, DKI mengirimkan relawannya dari berbagai instansi untuk menanggulangi bencana gempa bumi di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

“Tim pascabencana dikirim untuk membantu recovery (memperbaiki) secara psikologi sosial. Nah, tugas mereka sudah selesai yang kembali dari Jambi, dan kami sekarang memantau perkembangannya, mudah-mudahan api seluruhnya bisa tuntas, baik di Sumatra maupun di Kalimantan,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa Pemprov DKI Jakarta konsisten berkomitmen membantu daerah-daerah dan masyarakat yang terdampak bencana di seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian, penugasan Satgas Terpadu Karhutla Pemprov DKI Jakarta kali ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat dari Pemprov DKI Jakarta, atas bencana karhutla yang terjadi di beberapa provinsi di Indonesia.

“Inilah Indonesia, jadi ketika ada saudara kita sebangsa mengalami penderitaan akibat bencana, kita semua (di Jakarta) datang turun tangan, langsung terlibat. Ini membuat rasa persatuan kita makin kuat. Kita ingin sekali perasaan sebangsa dan senegara itu dirawat dan yang kita kerjakan kemarin adalah bagian dari menjaga dan menguatkan persatuan,” ujarnya.

Anies juga berterima kasih kepada Provinsi Jambi yang menyambut baik kedatangan puluhan satgas yang dikirim ini. Kata dia, masyarakat setempat juga merasa terbantu dengan relawan yang dikirim DKI.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), khususnya kepada Direktorat Manajemen Penanggungulangan Bencana dan Kebakaran yang memfasilitasi pengiriman mereka ke lokasi bencana,” katanya.

Sementara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemprov DKI Jakarta, Subejo, mengatakan, sebanyak 79 personel telah kembali usai menjalankan tugas sejak 20-30 September 2019. Petugas ini membantu penanggulangan bencana di tiga wilayah.

Subejo melaporkan, petugas telah berhasil memadamkan api di tiga area. Selain itu, petugas juga membuat rumah oksigen hingga pembagian masker.

“Pelayanan kesehatan bagi 933 pasien di 7 desa. Pembuatan 5 unit rumah oksigen, pembuatan 43 ruang kelas tahan asap di 24 sekolah mencakup 3 wilayah. Pembagian 13.000 masker di 10 lokasi,” tutupnya.

Lihat juga...