hut

HPS 2019, Jaga Mata Anak dari Ancaman Gadget !

Editor: Mahadeva

BANDUNG – Kesehatan mata, terutama bagi anak-anak saat ini memiliki banyak ancaman. Pemanfaatan teknologi, seperti penggunaan gadget, membuat mata terancam terforsir berlebihan.

“Teknologi modern seperti komputer dan gadget dapat menjadi ancaman bagi penglihatan anak-anak bila tidak diawasi. Untuk itu, dihimbau orang tua anak berperan aktif menjaga kesehatan mata anak,” ungkap Plh Gubernur Jabar, Uu Rhuzhanul Ulum, pada peringatan Hari Penglihatan Sedunia (HPS 2019), Selasa (15/10/19).

Teknologi seperti televisi, handphone, termasuk komputer, jika diforsir akan merusak mata apalagi pada anak-anak. Layar-layar monitor seperti handphone dan televisi, jika diforsir penggunaanya akan merusak mata.

Peran aktif orang tua dilakukan dengan membatasi penggunaan gadget pada anak. Jika diperlukan, orangtua harus berani mengambil langkah tegas demi kebaikan anak-anak. “Saya titip kepada seluruh orang tua, harus mampu menjaga kesehatan mata anak. Jangan biarkan anak terpapar sinar layar gadget terlalu lama. Kalau bisa dalam waktu sehari 30 menit-lah, ambil saja, simpan di lemari, kunci,” tegas Uu.

Orang tua bisa diminta untuk mengarahkan anak beraktivitas lain yang tidak membahayakan. Pada puncak peringatan HPS 2019, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyerahkan bantuan 500 kacamata gratis untuk anak-anak sekolah yang hadir dalam acara tersebut.

“Kami menerima bantuan untuk masyarakat Jabar, 500 kacamata bagi anak-anak siswa sekolah yang sudah kena akibatnya, mungkin dari keturunan atau dari (pengaruh) lingkungan yang tidak bisa menjaga kesehatan mata,” ungkap Uu.

Lihat juga...