hut

Infrastruktur Jalan Dukung Pengembangan Usaha Masyarakat Desa

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

LAMPUNG — Perbaikan infrastruktur jalan mendorong pengembangan usaha masyarakat di pedesaan. Sarana yang dibangun melalui program Karya Bakti TNI 2019 ikut memudahkan masyarakat.

“Jalan, jembatan bisa membantu masyarakat yang bekerja di sektor pertanian, perkebunan dan sejumlah usaha kecil,” sebut Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto dalam peresmian hasil Karya Bakti TNI Kodim 0421/LS di Desa Kelaten, Selasa (22/10/2019).

Disebutkan, sejumlah lokasi yang terisolir yang semula jalan setapak tanpa jembatan mulai ditingkatkan. Berkat Karya Bakti TNI 2019 oleh Kodim 0421/Lamsel warga mendapatkan fasilitas dua jembatan, jalan dan gorong gorong.

Sinergi antara TNI,masyarakat, Pemkab Lamsel dan sejumlah unsur ikut mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Keberadaan jembatan dan jalan bisa memudahkan masyarakat meningkatkan perekonomian karena memangkas biaya operasional distribusi serta membuka peluang sejumlah usaha baru bagi kesejahteraan masyarakat,” ungkap Nanang.

Komandan Kodim 0421/Lamsel, Letkol Kav Robinson Octovianus Bessie menyebut Karya Bakti TNI 2019 memiliki sejumlah sasaran. Khusus di wilayah Koramil 0421-03/Penengahan, sasaran pembangunan dilakukan dengan membuat infrastruktur yang bermanfaat dalam jangka panjang.

“Melalui Karya Bakti TNI Kodim 0421/Lamsel fasilitas jalan tanah ditingkatkan menjadi jalan onderlagh dilengkapi jembatan dan gorong gorong,” sebutnya.

Sesuai data Dandim, Karya Bakti  dilakukan dengan membangun jalan onderlagh sepanjang 775 dan lebar 4 meter. Fasikilas jembatan berukuran 5x4x4 meter, jembatan 4x4x4 meter, bedah rumah sebanyak 2 unit milik warga Desa Pasuruan, pembuatan gorong gorong 1 unit 5×1, gorong gorong 4×1 meter, pengecatan rumah ibadah masjid dan gereja.

“Karya bakti TNI memiliki tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang distimulasi melalui infrastruktur memadai,” ungkap Letkol Kav Robinson Octovianus Bessie.

Usai pembangunan infrastruktur dilakukan ia berharap pemerintah desa bisa melanjutkan. Sebab fasilitas jalan onderlagh yang dikerjakan oleh TNI masih belum ditalud.

Sumali, kepala Desa Pasuruan menyebut karya Bakti TNI 2019 dalam pembangunan infrastruktur memudahkan masyarakat. Akses jalan yang terhubung antara Desa Pasuruan dan Kelaten yang selama ini terisolir akan memudahkan distribusi hasil pertanian.

Heri, penerima program bedah rumah pada Karya Bakti TNI 2019 mengaku sangat senang. Warga Desa Pasuruan yang bekerja sebagai pengumpul barang bekas menyebut sudah memiliki rumah layak huni. Sebelumnya ia tinggal di rumah berdinding papan dan geribik berlantai semen.

Lihat juga...