hut

Jakarta Punya Jalur Sepeda, Dinas Bina Marga Siapkan Lahan Parkir

Editor: Mahadeva

Kepala Dinas Marga Pemprov DKI Hari Nugroho terkait parkir sepeda yang bakal disiapkan di di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019) – Foto Lina Fitria. 

JAKARTA – Dinas Marga Pemprov DKI Jakarta, mempersiapkan tempat untuk membangun lokasi parkir sepeda. Tempat parkir disiapkan mulai dari trotoar hingga di kantor pemerintahan.

“Jadi parkir sepeda, untuk bike park and ride itu memang kewenangan di Dinas Perhubungan yang menyiapkan. Namun Dinas Bina Marga akan mem-back up. Jadi nanti titik-titik lokasi mana yang akan dibuat tempat parkir sepeda, itu yang ada di trotoar itu akan dikoordinasikan dengan Dinas Bina Marga,” kata Kepala Dinas Marga Pemprov DKI Jakarta, Hari Nugroho, Selasa (22/10/2019).

Sejak peluncuran jalur sepeda fase pertama, lahan parkir sepeda juga mulai dipersiapkan. Luas lahan yang disiapkan untuk lokasi parkir adalah 6×4 meter. Konsep lahan parkir disiapkan oleh Dinas Perhubungan. Saat ini untuk persoalan parkir, Dinas Binamarga DKI Jakarta sedang menyiapkan aturan khusus untuk kawasan Cikini, Jakarta Pusat. “Sekarang kami fokus dulu selesaikan pelebaran trotoar Cikini, Salemba, dan Kramat Raya, satu klaster kelar. Baru Desember digodok lagi aturannya bersama Dinas Perhubungan dan Satpol PP,” ungkapnya.

Menurutnya, salah satu kendaraan yang terkena aturan parkir di daerah khusus itu adalah ojek daring. Nantinya, mereka diberi tempat khusus untuk memarkirkan kendaraan selagi menunggu penumpang. “Nanti, misalnya, ojek online, ada ruang khusus boleh mangkal dititik A, kalau mangkal di titik lain dirazia dan ditertibkan,” tandas Hari.

Cikini merupakan salah satu daerah yang menjadi tempat Kegiatan Strategis Daerah (KSD) di Jakarta Pusat. Dikawasan tersebut dilakukan pelebaran jalan bagi pejalan kaki, maupun penertiban kabel utilitas di udara.

Lihat juga...