hut

Jelang Pelantikan Presiden, Pengamanan Bakauheni Diperketat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Personel gabungan Polda Lampung, TNI Angkatan Darat dan TNI Angkatan Laut perketat pengamanan di pelabuhan Bakauheni.

Kapolres Lampung Selatan (Lamsel), AKBP Muhamad Syarhan, menyebut pengamanan di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni digelar dalam rangka pengamanan antisipasi konflik sosial pada pergeseran masa terkait Pelantikan presiden dan wakil presiden 2019-2024.

Kapolres menyebut personel gabungan yang dikerahkan dalam pengamanan di pelabuhan Bakauheni terdiri dari sejumlah unsur. Personel yang dikerahkan diantaranya sebanyak 150 personel Polres Lampung Selatan,104 Personel BKO Polda, Babinsa Koramil Penengahan Bakauheni sebanyak 15 oersonil, personel TNI AL marinir Piabung Yon 7 sebanyak 31 personel.

Kapolres Lampung, AKBP Muhamad Syarhan, saat ditemui di Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (19/10/2019). Foto: Henk Widi

Kegiatan kepolisian yang ditingkatkan di pintu masuk pelabuhan Bakauheni, AKBP Muhamad Syarhan diakuinya untuk memeriksa kendaraan, orang dan barang asal Sumatera tujuan pulau Jawa. Sebagai bagian dari memperkuat Polda Metro Jaya, ia menyebut pengamanan untuk memastikan kendaraan, orang dan barang steril dari upaya gangguan keamanan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10) esok.

“Sebagai pintu keluar dari pulau Sumatera ke Jawa pengamanan diperketat dengan memeriksa semua kendaraan tanpa terkecuali sehingga ikut menjaga suasana kondusif di ibukota negara,” ungkap AKBP Muhamad Syarhan, saat ditemui di Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (19/10/2019).

Pada pemeriksaan di Seaport Interdiction dengan sejumlah unsur ia berharap agar personel bertindak secara humanis dan profesional. Selain itu pelaksanaan pengamanan sesuai sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku.

Sebagai salah satu objek vital nasional ia berharap kewaspadaan ditingkatkan. Selain menjaga situasi kondusif personel gabungan ikut menjaga kelancaran arus lalu lintas di depan pintu masuk pelabuhan Bakauheni.

Melalui pengamanan tersebut ia berharap situasi tetap aman sehingga pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di gedung MPR/DPR periode 2019-2024 berjalan lancar. Pada akhir pekan kendaraan yang melintas di pelabuhan Bakauheni disebutnya meningkat dibanding hari biasa. Meski demikian pemeriksaan tetap dilakukan untuk menjaga pengiriman barang-barang yang dilarang.

“Pada operasi yang ditingkatkan personel polisi tetap melakukan pemeriksaan jika ditemukan barang-barang seperti narkotika dan barang berbahaya,” tuturnya.

Pantauan Cendana News personel gabungan mendirikan posko di pintu masuk pelabuhan Bakauheni. Setiap kendaraan pribadi, kendaraan barang, penumpang bus diperiksa oleh petugas. Selain pemeriksaan kendaraan sejumlah penumpang diperiksa dokumen KTP dan juga barang bawaan. Pemeriksaan di loket pembelian tiket pejalan kaki juga diperketat dengan pemeriksaan pada identitas dan barang bawaan.

Hasan, salah satu pengurus jasa ekspedisi menyebut pemeriksaan kendaraan rutin dilakukan. Namun pada akhir pekan ia memastikan jumlah kendaraan ekspedisi yang melintas berkurang. Pasalnya sejumlah gudang penyimpanan libur pada saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Kendaraan akan kembali ramai melintas melalui pelabuhan Bakauheni diperkirakan pada Minggu malam (20/10) esok. Sebab sejumlah gudang akan kembali buka pada Senin (21/10) mendatang.

Lihat juga...