Kesehatan Lansia di Kecamatan Kaligondang, Baik

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURBALINGGA – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Purbalingga secara berkala melakukan pemantauan terhadap kesehatan para lansia.

Dalam pemeriksaan kesehatan lansia di Kecamatan Kaligondang, sebanyak 44 lansia yang memperoleh program rantang berkah, yaitu pengiriman makanan bergizi setiap hari Jumat, terpantau baik.

Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPP Purbalingga, Sunarto, mengatakan, pemeriksaan kesehatan dengan menggandeng DKK Purbalingga ini dilakukan untuk memantau kesehatan lansia dan sekaligus evaluasi tentang program rantang berkah.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPP Kabupaten Purbalingga, Sunarto, memaparkan kondisi lansia di Purbalingga, Jumat (4/10/2019) – Foto: Hermiana E. Effendi

“Jika tingkat kesehatan lansia penerima rantang berkah meningkat, maka artinya program berjalan dengan baik, karena dari menu rantang berkah juga sangat diperhatikan kandungan gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing lansia,” terangnya, Jumat (4/10/2019).

Lebih lanjut Sunarto menjelaskan, kriteria penerima program rantang berkah adalah lansia yang sebatang kara, sudah tidak bisa bekerja lagi dan usianya di atas 60 tahun. Dan dari pantauan di lapangan, penerima rantang berkah sudah tepat sasaran, sesuai dengan kriteria.

Untuk tahun ini, jumlah penerima program rantang berkah ada 305 lansia dan 44 orang diantaranya berada di Kecamatan Kaligondang. Melihat keberhasilan program tersebut, maka tahun depan penerima program rantang berkah akan ditambah menjadi 497 orang lansia yang tersebar pada 18 kecamatan di Purbalingga.

Menurut Sunarto, peningkatan jumlah tersebut agar persebaran penerima manfaat merata di setiap kecamatan. Untuk tahun ini baru tujuh kecamatan yang mendapatkan program rantang berkah.

Sementara itu, salah satu petugas DKK Purbalingga, Emut Kurniasih yang melakukan pemeriksaan kesehatan lansia mengatakan, indikator yang dipantau adalah tentang kualitas kesehatan.

Kualitas kesehatan para lansia penerima manfaat tersebut meningkat karena selalu dipantau oleh tim kesehatan serta pengawasan nutrisi dari Puskesmas Kalikajar, Kecamatan Kaligondang.

“Nutrisi para lansia penerima manfaat rantang berkah di Kecamatan Kaligondang terpenuhi, karena penyuplai rantang berkah memenuhi semua makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Menu yang disediakan juga menyesuaikan selera makan para lansia sehingga makanan tersebut tidak terbuang sia-sia,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan tekanan darah, kolesterol dan asam urat, semua kondisinya normal karena pola makan terjaga.

Penyedia menu rantang berkah yang ditunjuk DKPP untuk melayani para lansia di Kecamatan Kaligondang, terlebih dahulu akan menanyakan menu yang disukai para lansia. Makanan pedas dan bersantan banyak dihindari oleh para lansia.

Lihat juga...