hut

Masa Tunggu Lulusan Unej Hanya 3,8 Bulan

JEMBER – Masa tunggu lulusan Universitas Jember (Unej) saat ini mencapai 3,8 bulan. Sementara, rata-rata gaji pertama yang diterima alumni kampus tersebut di tempat kerjanya mencapai Rp4,9 juta. Data tersebut berdasarkan, studi pelacakan jejak alumni atau tracer study, yang dilakukan Universitas Jember di 2019 untuk alumni lulusan 2017. 

“Alhamdulillah, dari tracer study yang kami lakukan, masa tunggu lulusan Universitas Jember mencapai 3,8 bulan, dengan rata-rata gaji pertama mencapai Rp4,9 juta. Ini lebih baik, sebab berdasarkan tracer study tahun sebelumnya, masa tunggunya masih di kisaran lima hingga enam bulan. Kedua, data ini dapat diandalkan sebab dari 4.600 lulusan di 2017, ada 3.003 yang mengisi kuesioner tracer study yang kami ajukan,” tutur Akhmad Taufiq, Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unej usai membuka Job Expo 2019 Universitas Jember, Rabu (30/10/2019).

Bagus Suryaningrat, Ketua Pusat Pengembangan Karir LP3M Universitas Jember menyebut, pelaksanaan tracer study2019 menggunakan piranti terbaik. Kegiatannya dibantu 80 orang mahasiswa penerima beasiswa berkarya, sebagai tenaga surveyor.

“Untuk menjangkau alumnus yang rata-rata sudah berada di luar Jember, maka kami mengandalkan media sosial mulai dari FB, Instagram, bahkan mensosialisasikan tracer study ke grup WA yang biasanya ada di tiap angkatan di tiap program studi. Dan hasilnya memuaskan, 63 persen alumnus bersedia mengisi kuesioner yang kami ajukan, sementara standar dari Kemenristekdikti biasanya tracer study dinilai baik jika sudah mencapai 50 persen dari total jumlah alumni di tiap tahunnya,” jelas IB Suryaningrat.

Lihat juga...