hut

Meski Tamatan SD, Darmin Mampu Hasilkan Varietas Unggul

JAKARTA — Profesi sebagai pemulia tanaman (breeder) bagi seorang Darmin sudah menjadi bagian dari kehidupannya.

Setidaknya sudah banyak varietas unggul padi yang dihasilkan memberikan manfaat bagi petani di Indonesia.

Meskipun hanya lulusan Sekolah Dasar (SD), Darmin yang berprofesi sejak kecil sebagai petani ini memiliki kemauan untuk belajar, termasuk dalam hal menyilangkan varietas-varietas padi agar menjadi tanaman unggul.

Prestasi terakhir, pria kelahiran Indramayu ini berhasil menyilangkan varietas padi Ciherang dengan varietas kebo. Karya Darmin ini sejak diluncurkan 2018 sudah banyak dipergunakan petani di berbagai daerah.

“Saya mencoba menggabungkan varietas Ciherang yang dikenal pulen dengan varietas kebo yang berbuah banyak. Hasilnya menghasilkan varietas pulen dan berbuah banyak serta telah diakui oleh Badan Litbang Kementerian Pertanian,” kata Darmin dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu.

Darmin mengaku profesi sebagai pemulia tanaman berangkat dari keprihatinan melihat produksi tanaman padi teman-temannya sesama petani hanya sedikit sehingga banyak yang beralih profesi atau bekerja di luar pertanian untuk mencari tambahan penghasilan.

Berangkat dari kondisi petani tersebut, kemudian dia belajar dari pemulia tanaman dari Badan Litbang Kementerian Pertanian untuk menyilangkan tanaman ternyata hasil perdananya sangat memuaskan.

Hingga kini profesi sebagai pemulia tanaman ditekuni dengan tidak meninggalkan profesinya sebagai petani. Karyanya tidak kalah dengan mereka yang menekuni profesi pemulia tanaman dari perguruan tinggi.

Lihat juga...