Mohammad Idris: Pancasila Pemersatu Bangsa

Ilustrasi. Monumen Pancasila Sakti. Dok: CDN

DEPOK — Wali Kota Depok Jawa Barat Mohammad Idris menyatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi dan falsafah hidup bangsa Indonesia juga merupakan alat pemersatu bangsa.

“Pancasila sejak berdirinya sampai saat ini sebagai pemersatu bangsa. Ketika banyak rongrongan tetap eksis,” kata Idris di Depok, Rabu (2/10/2019).

Idris mengatakan sudah saatnya masyarakat lebih peduli dengan Pancasila sebagai ideologi.

“Sudah menjadi keharusan kita lebih peduli dengan Pancasila. Kenapa disebut sakti, sesakti-saktinya Pancasila sebagai ideologi bangsa kalau tidak peduli bisa saja hilang,” katanya.

Untuk itu, dirinya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk lebih memperhatikan dan peduli dengan Pancasila. Sebagai bentuk kepedulian menjaga Pancasila itu, menurut dia, perlu adanya kegiatan bela bangsa.

Kegiatan bela negara, menurut dia, perlu ditujukan bagi generasi muda atau kaum milenial yang dinilai kurang pemahaman dan peduli pada Pancasila.

“Yang lebih penting lagi adalah bagaimana menumbuhkan kepedulian, pemahaman mengenai pancasila bagi generasi milenial yang dinilai kurang. Seperti upacara pada pagi hari bukan saja melibatkan orang dewasa, tapi milenial yang dirasa masih kurang,” katanya. [Ant]

Lihat juga...