hut

Pasangan Sita/Ribka, Juarai Yuzu Indonesia Masters 2019

Editor: Mahadeva

MALANG – Pasangan ganda putri Indonesia, Sita Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, akhirnya berhasil menahbiskan diri sebagai juara Yuzu Indonesia Masters 2019 disektor ganda putri.

Sita/Ribka sukses mengalahkan rekan senegaranya, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, dalam pertandingan dua set langsung dengan skor akhir 2-0 (23-21, 21-15). Pada game pertama, langsung terjadi pertandingan sengit. Kedua pasangan saling melancarkan smes-smes keras, yang tidak mampu dibendung lawan. Kejar mengejar angka terus diperagakan kedua pasangan, hingga di penghujung set pertama yang berakhir dengan skor 23-21 untuk keunggulan pasangan Sita/Ribka.

Memasuki game kedua, pasangan Della/Rizki meningkatkan intensitas serangan dengan smes keras dan permainan di depan bibir net, yang tidak dapat diantisipasi Sita/Ribka. Sempat unggul beberapa poin di awal game pertama, Della/Rizki justru kembali tertinggal 17-11, sebelum akhirnya pasangan Sita/Ribka berhasil mengunci gelar juara di set ke dua dengan skor 21-15.

Sita dan Ribka mengaku tidak pernah menyangka bisa menjadi juara diajang Yuzu Indonesia Masters 2019. Terlebih, lawan yang dikalahkannya merupakan senior di pelatnas. “Kami berdua sama sekali tidak menyangaka bisa melaju ke final dan menjadi juara. Selain persiapan dan latihan yang keras, yang kami lakukan sejak awal turnamen hanyalah memberikan permainan terbaik disetiap pertandingan,” ujar Sita usai bertanding di GOR Ken Arok, Minggu (6/10/2019).

Juara ganda putri Yuzu Indonesia Masters Sita Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto medali juara di GOR Ken Arok, Minggu (6/10/2019). Foto-Agus Nurchaliq

Sementara Ribka menyebut, meski baru tiga bulan dipasangkan, namun sudah bisa menjalin komunikasi dengan baik di lapangan. Sehingga bisa membawa gelar yang pertama di BWF world tour Yuzu Indonesia Masters 2019. “Gelar pertama di BWF world tour ini kami persembahkan kepada orangtua, pelatih, dan suporter Indonesia,” ungkapnya.

Di sektor ganda campuran pasangan Indonesia Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, terpaksa harus mengakui pasangan ganda Cina, Guo Xin Wa/Zhang Shu Xian. Laga berlangsung sengit tiga set, dengan skor akhir 21-18, 16-21, 28-26.

Ketua Panpel Yuzu Masters 2019, Achmad Budiharto, menyampaikan, secara keseluruhan turnamen Yuzu Indonesia Masters 2019 berjalan dengan lancar dan sukses. Antusias penonton juga cukup baik. “Di hari pertama jumlah penonton memang tidak banyak, tapi di hari kedua hingga di laga final, grafik jumlah penonton yang hadir ke Ken Arok terus meningkat,” tandasnya.

Sedangkan dari sisi pencapaian dari para pebulutangkis Indonesia mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu. Secara keseluruhan, Indonesia hanya berhasil menjadi juara di sektor ganda putri Yuzu Indonesia Masters 2019. “Kalau tahun lalu kita berhasil mengambil dua gelar yakni di tunggal putra dan ganda campuran. Tapi di tahun hanya mendapat juara di ganda putri,” pungkasnya.

Lihat juga...