Pedagang Kecil Dominasi Pemanfaat Tabur Puja DCML Argomulyo

Editor: Makmun Hidayat

Manager Unit Tabur Puja KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Banar Lucia, saat ditemuui Jumat (11/10/2019). -Foto: Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA — Keberadaan pinjaman modal usaha Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) Yayasan Damandiri selama ini benar-benar difokuskan untuk meningkatkan ekonomi warga miskin di Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo.

Hal itu dibuktikan dari data yang menyebut sekitar 70 persen pemanfaat pinjaman modal usaha Tabur Puja KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo didominasi oleh pedagang kecil.

Dari total jumlah pemanfaat Tabur Puja hingga bulan September 2019 sebanyak 374 anggota, tercatat ada sekitar 259 diantaranya merupakan warga yang berprofesi sebagai pedagang kecil. Baik itu pedagang warung kelontong, angkringan, pedagang oleh-oleh, dan sebagainya.

Sementara sebanyak 59 pemanfaat merupakan pelaku industri kecil. Dan 43 pemanfaat merupakan pelaku usaha pertanian peternakan dan perikanan.

“Kita memang prioritaskan warga miskin yang memiliki usaha, untuk bisa mengakses pinjaman modal usaha Tabur Puja ini. Agar mereka tetap bisa menjalankan usahanya, sehingga usaha tersebut bisa semakin berkembang,” ujar Manager Unit Tabur Puja KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Banar Lucia, Jumat (11/10/2019).

Lucia menyebut dari 374 pemanfaat atau anggota yang ada, 90 persen nya merupakan warga miskin atau kurang mampu yang masuk kategori keluarga pra sejahtera dan sejahtera 1. Terdiri dari 154 anggota dari keluarga pra sejahtera dan 177 anggota dari keluarga sejahtera 1.

“Hal ini sesuai dengan komitmen Yayasan Damandiri yang ingin mengentaskan persoalan kemiskinan di Argomulyo melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Salah satunya mendorong warga miskin agar bisa mandiri dengan membuka usaha,” ungkapnya.

Lihat juga...