hut

Pedagang Klitikan Pasar Godean Tempati Lokasi Baru Mulai Hari ini

Redaktur: Muhsine E Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Sejumlah pedagang klitikan dan unggas yang sebelumnya berada di kawasan sepanjang jalan sisi timur Pasar Godean mulai hari ini Rabu (30/10/2019) direlokasi di lokasi baru bertempat di desa Sidokarto, Godean, Sleman.

Relokasi atau pemindahan ini dilakukan sebagai upaya penataan kawasan pasar agar menjadi lebih tertata.

Kepala Bidang Pengembangan dan pembinaan pedagang pasar tradisional Disperindag Sleman, Haris Martapa, mengatakan total ada sebanyak 500 pedagang yang dipindahkan pada hari ini. Meliputi tiga kelompok pedagang klitikan dan dua kelompok pedagang unggas.

“Relokasi ini untuk menyatukan pedagang unggas dan klitikan yang selama ini menempati sejumlah ruas jalan di sisi timur pasar Godean. Disini kita sudah siapkan lahan 6.000 meter, nantinya pasar baru ini akan dikelola oleh BUMDes Sidokarto,” katanya.

Kepala Bidang Pengembangan dan pembinaan pedagang pasar tradisional Disperindag Sleman, Haris Martapa. Foto: Jatmika H Kusmargana

Di Sleman sendiri, total terdapat sekitar 42 pasar tradisional. Setiap tahunnya pemerintah terus melakukan pengelolaan dan penataan. Dari jumlah itu sebanyak 21 pasar telah dilakukan revitalisasi dan renovasi. Sementara tiga pasar tengah dilakukan pemindahan.

“Secara bertahap kita akan terus lakukan penataan. Semua pasar yang berlokasi di tempat umum seperti jalan raya akan kita pindahkan agar lebih tertata,” katanya.

Sementara itu pengelola pasar dari BUMDes Sidokarto, Erwin Widodo, mengaku akan terus melakukan evaluasi terkait pengelolaan pasar baru ini. Yakni dengan melibatkan seluruh pedagang. Baik itu terkait akses masuk, kantong parkir dsb.

“Pada hari pertama ini kita masih belum pungut iuran untuk pedagang. Tapi nanti akan kita lakukan untuk penataan dan pengembangan. Untuk besarannya masih belum kita tentukan,” katanya.

Lihat juga...