hut

Penguraian Sampah Bambu Bendung Koja Bekasi, Hampir Selesai

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Proses penguraian material sampah bambu yang memadati Bendung Koja, Jatiasih, Kota Bekasi Jawa Barat, sudah mencapai 50 persen. Diperkirakan lima hari lagi selesai dan bendungan tersebut kembali bersih.

“Alhamdulillah pembersihan sampah bambu di Bendung Koja sungai Cikeas sudah terselesaikan 50 persen. Semoga 5 hari ke depan bisa tuntas,” ungkap Puarman koordinator juga selaku Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), Sabtu (19/10/2019).

Penguraian dilakukan secara manual hanya dibantu alat crane guna mengangkat material sampah berat seperti kayu untuk membuat jalur. Di hari pertama menurunkan tim 290 personel lintas instansi. Selanjutnya pembersihan dilaksanakan hanya 70 personel setiap harinya.

Puarman mengatakan total sampah yang sudah terangkat dan terurai sekitar 600 kubik. Saat ini dia memperkirakan total gundukan sampah yang masih ada di sekitar Bendung Koja tersisa 500 kubik.

Proses penguraian sampah di bendung Koja, Bekasi sudah mencapai 50 persen. Diperkirakan lima hari lagi selesai, Sabtu (19/10/2019) – Foto: Muhammad Amin

“Untuk sampah pohon seperti kayu besar yang berhasil diangkat kita berikan kepada masyarakat memanfaatkannya secara gratis. Sedangkan pohon bambu dibuang ke lahan warga yang bersedia menampungnya,” tandas dia.

Sedangkan untuk sisa sampah yang tidak bisa dimanfaatkan maka akan dibuang ke desa Bojongkulur dan TPA Galuga Bogor atau ada yang dibawa ke TPA Kota Bekasi.

Sementara, Mochamad Ichsan, anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, meminta tiga pemerintah daerah duduk satu meja mencari solusi agar kejadian timbunan sampah bambu yang kerap terjadi di sungai Cikeas, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, tidak berulang.

“Harus duduk bersama mencari solusi agar kejadian ini tidak berulang terus,” ujar Ichsan saat melihat langsung pembersihan sampah bambu di Bendung Koja, sungai Cikeas, Sabtu (19/10/2019) siang.

Sampah bambu dengan kubikasi 1.280 M3 atau setara 230 truk itu telah menyumbat aliran sungai di Bendung Koja.

Menurut Ichsan, jika masalah sampah bambu ini berlanjut tanpa penanganan serius dan bersinergi, sedikitnya lima perumahan di sekitar jalur sungai terancam banjir di musim penghujan saat ini. Dua perumahan berada di Kabupaten Bogor dan tiga di Kota Bekasi.

Lihat juga...