hut

Pesona Indonesia Cara TMII Bangkitkan Cinta Budaya Tradisi

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Tari Ondel-Ondel, yang dibawakan penari cilik mengawali gelaran Pesona Indonesia, bertajuk Pentas Seni ‘Pelajar Indonesia Maju’ atau Pensi Prima, di depan panggung area Desa Seni dan Kerajinan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (6/10/2019).

Goyangan dan liuk tubuh para penari yang berkostum warna cerah membius penonton. Mereka yang hadir mengabadikan sajian tari di dalam telepon seluler masing-masing. Sajian dilanjutkan dengan tari Manuk Dadali, persembahan SD Sekar Aji Depok. Kepakan sayap penari belia mengurai berpadu dengan gerak tubuh gemulai.

Tari Remo Gagrak persembahan SDN Kali Mulya 2, juga menghiasi kemeriahan acara di Minggu Siang. Pertunjukan semakin lengkap dengan sajian Maung Lugai, tampilan penari dari SDN Jatisampurna 10 Bekasi, terlihat energik dengan iringan gamelan khas Jawa Barat.

Kepala Bidang Diklat dan Pembinaan Potensi TMII, Endang Sari Dewi ditemui di Desa Seni dan Kerajinan TMII,Jakarta, Minggu (6/10/2019). Foto: Sri Sugiarti

Kepala Bidang Diklat dan Pembinaan Potensi TMII, Endang Sari Dewi, berharap, acara yang digelar setiap minggu pertama setiap bulan tersebut, dapat membangkitkan cinta seni tradisi daerah-daerah yang ada Indonesia. “Siapa lagi yang meneruskan melestarikan seni tradisi kalau bukan kadernisasi generasi milenial ini,” kata Endang kepada Cendana News di sela acara.

Menurutnya, Pesona Indonesia adalah pentas seni pelajar Indonesia atau Pensi Prima. Kegiatannya, untuk pengembangan dan melestarian budaya tradisi. Sekaligus memfasilitasi sekolah atau sanggar binaan TMII, untuk tampil unjuk kebolehan.

Pada Pesona Indonesia kali ini, managemen TMII, khususnya bidang program budaya memberikan apresiasi sekolah-sekolah penyaji unggulan.  “Kita ambil dari sekian banyak sekolah yang tampil dari Januari sampai Oktober 2019. Kita apresiasi 10 sekolah penyaji terbaik tanpa rangking, kita berikan penghargaan berupa hadiah,” ujarnya.

Adapun sekolah yang mendapat penghargaan tersebut, diantaranya SDN Pondok Kelapa 06, SDN 12 Cilandak Barat, SND Ujung Menteng 01, SDN Pekayon Jaya VI, SND Angkasa Halim Perdanakusuma, SDN 09 Kedoya Barat.

Kriteria penilaian, secara keseluruhan melingkupi penyajian, variasi, dan kualitas tarian. “Kita apresiasi untuk anak-anak, bahwa pentas Pesona Indonesia itu bukan asal pentas. Tapi ada penghargaan untuk memotivasi mereka agar lebih menekuni seni tari atau musik dan lainnya,” imbuhnya.

Tia Adenia, pelatih tari SDN Jatisampurna 10 Bekasi, mengaku bangga anak didiknya bisa tampil di acara Pesona Indonesia.  “Alhamdulillah kami bisa tampil menari di TMII. Bangga pasti, nambah wawasan anak-anak jadi tahu budaya daerah lain. Terpenting lagi melatih mental mereka,” ujar Tia kepada Cendana News.

Lihat juga...