hut

Pilkades di Banyuwangi, 7 Desa Rawan Konflik

Editor: Koko Triarko

BANYUWANGI – Sebanyak 3.934 personel gabungan diterjunkan untuk melakukan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020, di Kabupaten Banyuwangi, yang akan dilaksanakan pada Rabu (9/10). 

“Untuk pengamanan pilkades serentak ini, kami menerjunkan 3.943 personel,” kata Kapolres Banyuwangi, Taufik HZ, usai apel gelar pasukan di Taman Blambangan, Selasa (8/10/2019).

Mereka terdiri atas 864 personel kepolisian, 310 personel TNI, serta 2.030 personel dari Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Serta diperkuat 289 personel BKO tambahan yang terdiri dari 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Brimob Polda Jatim, 1 regu penjinak bom, serta bantuan dari Jember, Situbondo, dan Bondowoso.

“Mulai hari ini mereka akan langsung bergeser menuju wilayah penugasannya, dan bertugas hingga penghitungan hasil suara selesai pada Kamis (10/10) nanti,” ujanya.

Kapolres Banyuwangi Taufik Hz, saat ditemui usai apel gelar pasukan di Taman Blambangan, Selasa (8/10/2019). -Foto: Kusbandono

Ribuan personel tersebut, lanjut Kapolres, akan disebar di 130 TPS di seluruh Banyuwangi. Jumlah personel di setiap TPS menyesuaikan dengan potensi kerawanan masing-masing.

“Untuk pengamanan di daerah aman, 1 personil bisa meng-cover 2-3 TPS. Di zona rawan, 1 personel untuk 1 TPS. Sementara sangat rawan, 1 TPS akan dijaga hingga 2 personel. Ini untuk meminimalisir hal-hal yang tidak kita harapkan,” urainya.

Berdasarkan pemetaan yang dilakukan Polres Banyuwangi, kata Taufik, ada 92 desa yang masuk kategori aman, 31 desa kategori rawan, dan 7 desa kategori sangat rawan.

“Yang sangat rawan ada di 2 Kecamatan, yakni Kecamatan Kabat dan Muncar,” imbuhnya.

Tingkat kerawanan mulai dari potensi konflik antarpendukung calon kepala desa, hingga adanya potensi perjudian dalam ajang Pilkades. Untuk itu, pihaknya juga sudah membentuk satgas untuk mengantisipasi dan menanggulangi segala bentuk ancaman selama perhelatan Pilkades serentak.

Sementara itu, Wabup Yusuf, berterima kasih atas dukungan dan sinergi seluruh aparat Kepolisian dan TNI, termasuk Satlinmas dalam mengamankan pilkades.

Wabup berharap, pelaksanaan Pilkades dapat berjalan aman sebagaimana harapan semua pihak.

“Kami yakin dengan sinergi ini, pesta demokrasi warga desa besok insyaallah akan berjalan aman dan lancar. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pengamanan Pilkades,” kata Wabup.

Wabup meminta agar masyarakat umum, khususnya para warga desa turut berpartisipasi menciptakan situasi yang aman. Meskipun saling berbeda dukungan calon, namun semangat persaudaraan desa tetap terjaga.

“Mari kita jalani proses pilkades yang sejuk. Apa pun hasilnya nanti, seluruh warga harus mendukung calon terpilih untuk bekerja bagi kemajuan desa,” pungkas Yusuf.

Lihat juga...