hut

PLN Datangkan Tiga Mesin PLTD untuk Pulau Sebatik

Ilustrasi - Dok: CDN

NUNUKAN – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendatangkan tiga mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), untuk Pulau Sebatik.

Mesin tersebut, guna meminimalisasi krisis listrik di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara yang masih dirasakan hingga saat ini. Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PT PLN Berau, Hendra Irawan, mengatakan, tiga mesin yang sedang dalam perjalanan ke daerah itu didatangkan dari Balikapapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Ketiga mesin PLTD tersebut ditempatkan di Pulau Sebatik, sebagai bentuk perhatian PT PLN, untuk mengurangi krisis listrik di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia itu. Tiga mesin pembangkit itu memang bukan barang baru, tetapi layak untuk memasok tenaga listrik di Kabupaten Nunukan.

Sebelumnya, PT PLN merelokasi mesin pembangkit yang ada di Kabupaten Nunukan ke Kabupaten Tana Tidung akibat daya listrik di daerah itu yang kurang memadai. Untuk menutup kekurangan daya listrik di Kabupaten Nunukan, pihaknya mendatangkan ketiga mesin pembangkit tersebut. “Ketiga mesin pembangkit tersebut sudah dalam perjalanan dari Balikpapan ke Pulau Sebatik,” ujar Hendra usai bertemu dengan Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid.

Kekuatan masing-masing mesin pembangkit 1.000 megawatt, sehingga total daya dari ketiga mesin tersebut 3.000 megawatt. Hendra berharap, tiga mesin pembangkit tersebut segera dioperasikan dalam rangka mengantisipasi pemadaman listrik yang telah berlangsung akhir-akhir ini di Kabupaten Nunukan. Ia juga membantah, pemadaman listrik di Kabupaten Nunukan akhir-akhir ini karena PT PLN sengaja merelokasi mesin pembangkit ke Kabupaten Tana Tidung. (Ant)

Lihat juga...