hut

Polisi Antisipasi Munculnya ‘Crosshijaber’ di Kebumen

Editor: Koko Triarko

KEBUMEN – Fenomena crosshijaber, yaitu laki-laki yang mengenakan jilbab dan membaur dengan kaum perempuan, yang sedang ramai di dunia maya, disikapi jajaran Polres Kebumen dengan cepat.

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, langsung meningintruksikan seluruh anggota untuk memantau masjid-masjid, dengan berbaur dan melakukan salat berjemaah di masjid.

“Seluruh personel yang sedang tidak berhalangan, saya perintahkan untuk melakukan pemantauan di masjid- masjid yang ada di wilayah Kebumen, lakukan salat berjemaah di masjid sebisa mungkin, jangan sampai ada satu masjid pun yang terlewat dari pemantauan,” kata Kapolres Kebumen, Selasa (15/10/2019).

AKBP Rudy menegaskan, pihaknya tidak mau sampai kecolongan, sehingga langkah antisipasi dilakukan sedini mungkin. Menurutnya, komunitas crosshijaber jangan sampai masuk ke wilayah Kabupaten Kebumen, karena berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat.

Saat ini saja, kabar tentang komunitas crosshijaber  yang ramai di media sosial, sudah mulai banyak diperbincangkan masyarakat dan mulai menimbulkan kekhawatiran.

Dalam unggahan video tersebut, pelaku crosshijaber membaur dengan jemaah perempuan, baik di masjid maupun dalam kegiatan keagamaan. Bahkan, beberapa foto yang diunggah oleh komunitas crosshijaber, mereka sengaja berswafoto dengan para muslimah di masjid.

“Perilaku yang menyimpang ini tentu menimbulkan keresahan di kalangan kaum muslimah, karena itu jika ada anggota yang menemui atau mencium keberadaan komunitas ini, saya perintahkan untuk menindak tegas dan langsung mengamankannya,” tegas Kapolres.

Meskipun begitu, Kapolres juga mengimbau agar kekhawatiran masyarakat tidak berlebihan. Mengingat personelnya sudah dikerahkan untuk melakukan langkah antisipasi penyusupan dari pelaku crosshijaber.

Masyarakat diminta untuk cukup bersikap waspada dan berhati-hati, serta sebisa mungkin mengenali orang-orang di sekitarnya saat berada di masjid atau komunitas pengajian.

Lihat juga...