hut

Puding Mangga, Varian Makanan Segar Menyehatkan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Buah mangga dikenal kaya akan vitamin C, serat dan vitamin A yang bagus untuk kesehatan. Sebagai buah segar yang kaya vitamin, kesegaran buah tersebut cocok dikonsumsi saat musim kemarau.

Sebagai buah kaya vitamin untuk kesehatan, mangga bisa menjadi bahan baku variasi pembuatan puding.

Lisdaryanti, salah satu warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan (Lamsel) menyebut memiliki lima pohon mangga.

Lisdaryanti menyuapi Natan sang anak yang berusia 4 tahun dengan camilan puding mangga yang menyegarkan dan menyehatkan, Sabtu (12/10/2019) – Foto: Henk Widi

Varietas mangga yang ditanam dengan sistem okulasi tersebut meliputi Golek, Indramayu, Manalagi, Koweni dan Pakel. Bulan September hingga Oktober semua pohon mangga miliknya mulai bisa dipanen.

Musim kemarau buah mangga mentah kerap dijadikan bahan pembuatan rujak dan manisan. Namun saat kondisi matang, mangga bisa dijadikan buah segar dan pembuatan minuman jus serta varian kue puding.

Pembuatan puding disebutnya menjadi cara agar keluarganya bisa menikmati mangga dengan kreasi berbeda. Memiliki bahan baku yang tersedia di kebun ia memilih membuat puding sebagai hidangan segar saat musim panas.

Sejumlah bahan yang disiapkan meliputi dua mangga utuh, satu bungkus bahan puding, gula pasir, susu kental manis. Tambahan bahan berupa mesis coklat dan daun pandan digunakan sebagai penambah rasa.

“Selama ini buah mangga hanya disantap dalam kondisi segar, agar tidak bosan terutama bagi anak-anak puding mangga bisa jadi varian selain kerap saya buat menjadi es serta jus buah,” ungkap Lisdaryanti saat ditemui Cendana News, Sabtu (12/10/2019).

Pembuatan puding mangga menurut Lisdaryanti cukup sederhana karena bahan mudah diperoleh. Jika biasanya mangga disiapkan dengan cara dihaluskan menggunakan blender, ia memilih memotong mangga dalam bentuk dadu.

Mangga yang dipotong dadu menjadi cara agar anaknya bisa menikmati buah mangga dalam kondisi utuh bercampur dengan kenyalnya jeli puding.

Setelah buah mangga yang dipotong dadu siap, bubuk puding kemasan dituang dalam panci berisi air mendidih. Panci berisi air mendidih yang sudah dituang bubuk puding diaduk bersama gula pasir, susu kental manis.

Proses pemasakan menurutnya membutuhkan waktu sekitar 15 menit hingga bubuk puding tercampur sempurna. Ia mempergunakan api sedang agar cairan bahan bubuk puding, gula pasir dan susu kental manis tidak menempel di panci.

“Setelah semua bahan tercampur sempurna dalam bentuk cair lalu dituangkan dalam cetakan khusus,” papar Lisdaryanti.

Pada proses menuang ke dalam cetakan bisa dilakukan secara bertahap dengan pemberian mangga yang sudah dipotong dadu. Cara tersebut dilakukan berulang agar mendapatkan puding dengan lapisan yang bervariasi.

Namun ia memilih menaburkan mangga yang sudah dipotong dadu saat menjelang cairan puding hampir membeku. Mangga yang ditaburkan dalam cairan bahan puding disertai dengan taburan mesis coklat.

Puding mangga yang sudah dituang pada cetakan dari stainless stell didiamkan selama setengah jam. Selama waktu setengah jam kondisi puding akan mengental dengan adanya bahan jeli atau agar-agar sebagai bahan puding.

Setelah mulai mengental dan panas pada cetakan berkurang, puding mangga bisa dipindahkan pada lemari pendingin atau kulkas. Pendinginan pada kulkas menurutnya menjadi cara mengawetkan puding yang bisa bertahan selama lebih dari sepekan.

“Selain bisa lebih awet dan bisa disajikan sewaktu-waktu, puding mangga juga akan lebih terasa segar saat dinikmati dalam kondisi dingin,” cetusnya.

Puding buah mangga yang dibuat menurut Lisdaryanti kerap dibuat dengan cetakan besar. Namun ia kerap membuat puding yang dituang dalam sejumlah cetakan cup kecil. Cetakan cup kecil dan sejumlah mangkuk menjadi cara baginya untuk menyajikan puding sebagai bekal sekolah bagi sang anak.

Memiliki anak yang duduk di bangku sekolah kelas 4 membuat puding bisa jadi varian bekal. Selain menyehatkan membawa bekal puding menjadi cara mengurangi anak jajan di sekolah.

Penyajian puding mangga sebagai camilan sederhana menurutnya cukup praktis. Selain mudah dan cepat dibuat dengan bahan mangga segar ia bisa mengkreasikan buah kaya vitamin menjadi makanan yang disukai anak-anak.

Puding yang sudah jadi kerap disajikan dengan es krim sehingga anak-anak yang kerap sulit mengonsumsi buah akan lebih tertarik.

Bentuk yang unik dan rasa yang bervariasi membuat anak-anak akan menyukai puding mangga. Pembuatan puding mangga disebutnya kerap dikombinasikan dengan buah segar lain.

Buah yang kerap digunakan meliputi melon, semangka, jeruk dan apel. Penggunaan buah sebagai campuran puding menjadi cara agar sang anak menyukai buah. Sebab konsumsi buah segar selama kemarau membuat Natan anaknya yang berusia 4 tahun memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Lihat juga...