Puskesmas Ini Luncurkan Sepuluh Program Inovasi Kesehatan

MEULABOH  – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, meluncurkan sepuluh program inovasi kesehatan agar semakin meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah ini.

Adapun program yang diluncurkan tersebut di antaranya informasi, edukasi dan komunikasi kesehatan masyarakat (ikan mas), sweeping imunisasi kejar timbang (Sikembang), kami semua sayang remaja (Kasmara), keluarga sayang jiwa (Kasawa) dan gerakan lansia sehat (gelas).

Kemudian gerakan jumat bersih Gerjumsih, ibu hamil rajin hadir di acara kesehatan (Bumil Rahadiatan), geledah rumah dapur sehat (Gardus), pemberian makanan tambahan modifikasi formula (Permata mola), serta warga peduli demam berdarah.

“Inovasi Puskesmas bertujuan untuk menumbuhkan rasa kompetisi dalam penguatan kinerja, sekaligus meningkatkan capaian penilaian kinerja Puskesmas, dalam pelaksanaan fungsi Puskesmas di masyarakat,” kata .Kepala Puskesmas Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Nur, di Meulaboh, Rabu .

Ia berharap masyarakat agar memanfaatkan program ini dengan optimal, berpartisipasi dan berperan aktif dalam pelayanan kesehatan di masyarakat.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat, H Ramli. MS dalam sambutannya, mengaku senang dan bangga atas terselenggaranya kegiatan tersebut, dan berharap agar semua Puskesmas di Aceh Barat dapat membuat inovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ia berharap semua Puskesmas untuk terus melahirkan inovasi-inovasi kesehatan yang menyentuh dan dirasakan langsung manfaatnya oleh warga.

“Teruslah berkarya dan berinovasi, mudah-mudahan program inovasi kita ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain,” katanya. (Ant)

Lihat juga...