hut

Rakernas V MUI Perkuat Ukhuwah Islamiyah

Editor: Koko Triarko

JAKARTA –  Dalam rangka meningkatkan ukhuwah islamiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar rapat kerja nasional (Rakornas) V di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Saadi, mengatakan, rakernas merupakan forum permusyawaratan tertinggi setelah musyawarah nasional (Munas) MUI.

Rakernas V 2019 mengambil tema ‘Meneguhkan Islam Wasathiyah untuk Membangun Peradaban Dunia Indonesia’.

“Islam wasathiyah merupakan acuan MUI dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab untuk mewujudkan kehidupan sehari-hari umat Islam,” kata Zainut, pada konferensi pers Wisata Halal International dan Rakernas V MUI di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Rakornas ini diharapkan mewarnai kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan bernegara. Dengan demikian, kata Zainut, peradaban Indonesia yang terus dibangun dan disempurnakan diwarnai Islam wasathiyah.

Dalam rakernas, akan banyak melakukan evaluasi kinerja MUI dari tingkat pusat hingga daerah dalam satu tahun terakhir. Pembahasan soal agenda dan program kerja prioritas komisi, badan, lembaga MUI Pusat 2020.

Selain itu, juga  akan ditetapkan rekomendasi dan tausiyah untuk kemajuan umat dan kesejahteraan bangsa.

Ada pun tujuan rakernas meningkatkan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah di kalangan pengurus MUI dan tokoh Islam Indonesia.

Hal ini, menurutnya, dalam rangka memperkuat ikatan persatuan dan kesatuan antarpengurus MUI dan tokoh Islam Indonesia, serta seluruh komponen bangsa, yang menyatu dalam bingkai NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Rakernas yang akan digelar di NTB pada 11-13 Oktober 2019 ini, persiapannya sudah mencapai 90 persen. Dan, kegiatan ini  merupakan rakernas terakhir dalam periode Dewan Pimpinan MUI pusat masa khidmat 2015-2020.

“Rakernas ini untuk memperteguh konsolidasi dan soliditas organisasi MUI,  dan program kerja MUI secara nasional,” pungkasnya.

Lihat juga...