hut

Rumah Kemas Argomulyo Bantu UMKM ‘Branding’ Produk

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Sebagai upaya membantu pengembangan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Desa Argomulyo, dan sekitarnya, Koperasi Unit Desa (KUD) Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo membuka unit usaha baru bernama “Rumah Kemas Argomulyo”. 

Terletak di lokasi strategis, yakni kompleks perkantoran Balai Desa Argomulyo, Rumah Kemas ini dibangun sebagai bagian program Desa Cerdas Mandiri Lestari yang dijalankan Yayasan Damandiri. Tujuannya tak lain untuk membantu pengembangan usaha warga desa, khususnya dalam hal pengemasan dan branding produk.

“Rumah Kemas ini didirikan sebagai kelanjutan dari program Desa Cerdas Mandiri Lestari yang dijalankan Yayasan Damandiri di desa Argomulyo. Khususnya dalam membina UMKM di wilayah desa Argomulyo, agar bisa makin berkembang dan maju,” ujar Penanggungjawab Rumah Kemas Argomulyo, Sunardi.

Penanggungjawab Rumah Kemas Argomulyo, Sunardi (kanan), saat ditemui pada Rabu (16/10/2019. –Foto: Jatmika H Kusmargana

Sejak berjalan beberapa tahun silam, Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari tak henti berupaya membantu pengembangan usaha warga, khususnya UMKM. Selain mendirikan Warung Damandiri sebagai sentra kulakan warga, Yayasan Damandiri juga menyediakan akses permodalan melalui unit pinjaman modal usaha Tabur Puja.

Sebagai tindak lanjut sejumlah program tersebut, kini Yayasan Damandiri, melalui KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, membangun Rumah Kemas. Melalui Rumah Kemas ini, UMKM milik warga yang telah berjalan, diharapkan bisa memiliki produk dengan kemasan yang sesuai standar higienis, menarik serta memiliki kekhasan.

“Rumah Kemas ini akan membantu dan melayani pengemasan produk UMKM warga desa. Mulai dari desain kemasan, desain label, hingga jasa pengemasan produk seperti sealer atau vakum. Kita juga menyediakan jasa konsultasi gratis soal pembuatan kemasan produk,” ungkapnya.

Lihat juga...