hut

Rumah Kemas Argomulyo Edukasi Pelaku Usaha Pentingnya ‘Branding’ Produk

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Meski baru dibuka sejak sekitar dua bulan lalu, Rumah Kemas Argomulyo ramai dikunjungi warga setiap harinya. Warga yang mayoritas merupakan pelaku usaha kecil itu, umumnya datang untuk bertanya dan berkonsultasi soal pengemasan produk usaha mereka. 

Menempati bangunan tak terlalu luas di kompleks Balai Desa setempat, keberadaan Rumah Kemas Argomulyo memang memberikan manfaat besar bagi warga, khususnya para pelaku usaha kecil. Warga yang sebelumnya tak tahu-menahu soal branding kemasan, kini menjadi lebih mengerti akan pentingnya sebuah kemasan produk bagi kemajuan usaha mereka.

Penanggungjawab Rumah Kemas Argomulyo, Sunardi, mengatakan, tak sedikit warga Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo yang selama ini memiliki usaha. Sayangnya, belum semua pelaku usaha tersebut mengerti akan pentingnya branding produk melalui kemasan. Padahal, jika sebuah produk dikemas dengan baik dan menarik, akan mampu meningkatkan nilai jual produk itu sendiri.

“Jika dikemas dengan baik dan menarik, tentu produk akan memiliki nilai jual lebih tinggi. Lewat pelabelan pada kemasan produk, usaha yang dijalankan warga juga akan makin dikenal. Sehingga diharapkan pasar akan makin meluas, dan usaha warga akan makin maju,” katanya.

Melalui KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Yayasan Damandiri berupaya menjawab persoalan tersebut dengan mendirikan unit usaha Rumah Kemas Argomulyo. Selain untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya branding produk melalui kemasan, Rumah Kemas juga didirikan untuk membantu pelalu usaha mendapatkan jasa pengemasan produk yang terjangkau.

“Jadi, lewat Rumah Kemas ini kita berupaya mengedukasi masyarakat, khususnya pelaku usaha kecil. Selain itu, kita juga berupaya membantu mereka dengan menyediakan pelayanan pengemasan produk dengan harga yang terjangkau,” ungkapnya.

Lihat juga...