hut

Rumah Kemas Argomulyo Miliki Beragam Alat Pengemasan Modern

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Didirikan untuk membantu pengemasan produk UMKM para pelaku usaha, Rumah Kemas Argomulyo, memiliki sejumlah peralatan canggih dan modern yang telah sesuai standar minimum pengemasan produk. 

Berbagai peralatan modern untuk pengemasan itu didatangkan langsung Yayasan Damandiri melalui KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, untuk memfasilitasi pelaku UMKM di wilayah Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo dan sekitarnya.

Pengelola Rumah Kemas Argomulyo, Kurniawan, mengatakan, sedikitnya ada 8 jenis alat kemas yang bisa digunakan pada pelaku usaha di Rumah Kemas Argomulyo. Antara lain, sealer, vacum sealer, wrapping hingga dryer.

“Untuk sealer kita punya beberapa jenis. Seperti Vacum Sealer untuk pengemasan makanan beku, seperti bakso atau nuget. Aluminiumfoil Sealer untuk pengemasan botol, agar cairan tidak tumpah. Hingga Continue Sealer untuk pengemasan produk kapasitas besar, seperti beras, gandum dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, alat yang biasa disebut Wrapping, sebagaimana dijelaskan Kurniawan, berfungsi sebagai alat pengemasan untuk berbagai macam jenis buah-buahan atau sayur-sayuran segar. Dengan alat ini, produk akan bisa dibungkus dengan rapi dan higienis.

“Kita juga memiliki dryer atau alat pengering produk makanan, seperti abon atau keripik. Sehingga saat dikemas, minyak dalam produk bisa hilang atau terserap,” ungkapnya.

Penanggungjawab Rumah Kemas Argomulyo, Sunardi, mengatakan, pihaknya menghabiskan dana hingga sekitar Rp80 juta khusus untuk membeli berbagai peralatan pengemasan yang canggih dan modern tersebut.

Seluruh dana berasal dari bantuan Yayasan Damandiri yang disalurkan melalui KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo.

“Ini merupakan wujud nyata kepedulian Yayasan Damandiri dalam membantu pengembangan UMKM di Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo. Saya berharap, keberadaan Rumah Kemas Argomulyo ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga masyarakat, khususnya para pelaku usaha,” pungkasnya.

Lihat juga...