hut

Satgas Pamtas RI-PNG Gembleng 9 Pemuda Suku Kanum

MERAUKE – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad, di Pos Yanggandur, Distrik Sota, Merauke, Papua, menggembleng sembilan pemuda asli suku Kanum yang hendak mendaftarkan diri sebagai anggota TNI AD.

Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya, mengatakan, penggemblengan itu dilakukan untuk mempersiapkan sembilan pemuda tersebut, yang saat ini telah terdaftar di Panitia Rekrutmen Tamtama PK Gelombang II TNI AD 2019 Ajenrem 174/ATW.

Dalam rilis yang diiterima Cendana News, Rabu (16/10),  Mayor Inf. Rizky Aditya di Distrik Elikobel, Merauke, juga mengatakan, bahwa pembinaan yang khusus diberikan itu merupakan bentuk dukungan TNI kepada pemuda suku Kanum yang hendak mengabdikan diri sebagai anggota TNI.

Menurutnya, semangat yang terpancar dari para pemuda asal Kampung Yanggandur yang ingin menjadi prajurit TNI, menjadi energi positif bagi personel Satgas, untuk terus memberikan pembinaan secara bertahap.

“Harapan kita semua, dengan pembinaan yang telah diberikan ini, akan memperlancar dan mempermudah mereka saat menghadapi tes nantinya,” kata Mayor Inf. Rizky Aditya.

Pembinaan secara langsung dipandu oleh 5 personel pos yang dipimpin oleh Komandan Pos Yanggandur, Letda Inf. Mohammad Rizal. Bentuk pembinaan meliputi kesegaran jasmani A (lari 12 menit), kesegaran jasmani B (pull up, sit up, push up dan shutle run) serta materi tes psikologi, yang sudah diberikan oleh personel Satgas jauh hari sebelum mereka mendaftarkan diri.

Dansatgas menyampaikan, bahwa pembinaan fisik merupakan hal yang penting dalam kesiapan menjadi calon prajurit TNI.

“Selama latihan, mereka diberikan motivasi, pemahaman dan kesiapan, baik fisik maupun mental, serta latihan psikologi untuk menghadapi tes yang sesungguhnya,” ujarnya.

Sementara itu, Edmundus Yuali Dimar (40) orang tua salah seorang satu pemuda yang mendapat pembinaan, mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Satgas Pamtas RI PNG, yang telah memberikan pembinaan secara khusus kepada putranya, dan 8 pemuda kampung lainnya dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi tes menjadi Prajurit TNI-AD. (Ist)

Lihat juga...