Segarnya Wisata Danau Buatan Jukung Kanoman

Editor: Mahadeva

BANYUMAS – Pada musim kemarau seperti sekarang ini, bermain air di danau luas dan sejuk, tentu menjadi pilihan wisata yang menarik. Destinasi wisata danau Jukung Kanoman yang ditawarkan di wilayah Banyumas bagian barat, tepatnya di Desa Pandansari, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan.

Hamparan danau seluas 35 x 60 meter, dengan air yang jernih dan dikeliling sawah, serta kebun yang seba hijau, membuat suasana sejuk semakin terasa. Di tepi danau, banyak betebaran pohon kelapa, layaknya nyiur melambai tertiup angin.

Wisata danau buatan tersebut, sedang menjadi objek wisata favorit warga Banyumas. Letaknya hanya berjarak sekira 10 kilometer dari kota Kecamatan Ajibarang ke arah utara. Pengunjung bisa naik perahu atau jukung berkeliling danau.

Kedalaman danau hanya sekira dua meter. Pengunjung juga bisa berenang langsung di danau. Bahkan, beberapa anak terlihat main lompat-lompatan dari perahu terjun ke danau.“Tempatnya enak, sejuk dan alami. masuk ke sini masih gratis, hanya bayar parkir dan membeli makanan di rumah makan yang satu lokasi dengan tempat wisata Jukung Kanoman,” kata salah satu pengunjung, Kusworo, Minggu (6/10/2019).

Jukung Kanoman, berada satu lokasi dengan sebuah rumah makan. Wisata Jukung Kanoman baru dibuka di Agustus 2019, sehingga saat ini masih digratiskan dalam rangka promosi. Di masa promosi ini, untuk naik perahu berkeliling danau, pengunjung hanya membayar seikhlasnya kepada pendayung perahu, yang mengantarkannya berkeliling.

Salah satu pengujung wisata Jukung Kanoman, Kusworo. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Tak heran jika banyak pengunjung yang betah berlama-lama di lokasi tersebut. Sembari memesan makanan dan menikmati kesegaran udara serta pemandangan yang indah khas pedesaaan. Untuk berkeliling naik perahu mengitari danau buatan tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Sementara di dekat area sawah, juga terdapat kolam pemancingan. Pengunjung hanya dikenakan biaya untuk membayar harga ikan hasil pancingan yang akan dibawa pulang.  Sedangkan untuk menu makanan di rumah makan, disediakan mulai dari aneka ikan goreng, ikan lembutan lengkap dengan sambal dan lalapan, ada sayur pakis dan pecak jantung. “Jadi di sini makan, dengan bonus wisata gratis naik perahu keliling danau buatan. Sangat menyenangkan dinikmati bersama keluarga saat akhir pekan seperti sekarang ini,” kata Kusworo.

Lihat juga...