hut

Sejumlah Wilayah di Bekasi Masih Kesulitan Air 

Editor: Mahadeva

BEKASI – Sejumlah wilayah di Kota Bekasi, Jawa Barat, masih mengalami kesulitan air. Kemarau panjang membuat air baik dari Perusahaan Air Minum (PAM) maupun sumut sangat minim.

Seperti yang terjadi di wilayah Kelurahan Cimuning, Mustika Jaya, Kota Bekasi. Beberapa Rukun Tetangga (RT) di daerah tersebut, mengalami kesulitan air. Tidak sedikit warga yang mencoba menggali lebih dalam sumur sumber air bersihnya, untuk bisa mendapatkan pasokan air yang maksimal.

“Air disini sudah mulai susah. Meskipun ada tapi sedikit. Makanya banyak warga yang menambah dalam sumurnya. Namun, upayanya tidak sesuai yang diharapkan,” ujar Lis (40), Warga RT3/1 saat ditemui Cendana News, Senin (21/10/2019).

Akibat kondisi tersebut, ada warga yang saat ini menyebut, kemarau panjang terjadi karena ada unsur kesengajaan. Warga mengkaitkan adanya upaya menahan agar hujan tidak turun, karena banyaknya proyek pembangunan yang saat ini dikerjakan di Kota Bekasi. “Dikatakan ditahan, karena banyak pembangunan di Kota Bekasi, baik jalan, saluran maupun gedung. Kan aneh, di beberapa daerah, seperti Jakarta saja sudah hujan, tapi di Kota Bekasi belum,” tutur Maman, Warga Pondokungu, Bekasi Barat.

Diky Sapta, Koord PHL Posdalops BPBD Kota Bekasi saat ditemui Cendana News, Senin (21/10/2019) – Foto M Amin

Diky Sapta, Koordinator PHL Pusdalops BPBD Kota Bekasi, menyebut, belum ada laporan kekeringan dari warga ke BPBD Kota Bekasi. “Kami setiap hari keliling ke beberapa wilayah yang dianggap rawan kekeringan. Memang ada kering, tapi hanya beberapa rumah warga saja. Sementara, untuk mendapat bantuan, prosedurnya harus berapa KK dalam satu RW tertentu,” sebut Diky.

Terkait adanya unsur kesengajaan agar hujan tidak turun di Kota Bekasi, Diky enggan berspekulasi. Dia menyebut, bahwa itu opini dan hak siapa saja untuk beropini. Diky menyebut, lokasi seperti di Teluk Byung Bekasi Utara, biasanya setiap musim kemarau pasti mengalami kekeringan. Tapi tim sudah ke lokasi, dan tidak ditemukan warga melapor kekeringan. “BPBD Kota Bekasi siaga 24 jam, jika ada laporan dan akan langsung ditanggulangi. Tapi saya pastikan di Bekasi ini masih aman,” tukasnya.

Bekasi diuntungkan karena dikelilingi beberapa sumber air. Seperti Kali Bekasi, Kalimalang, dan Kali Cakung. Sehingga, meskipun di Bekasi belum hujan, tetapi wilayah Bogor dan Depok sudah hujan, sungai yang ada di Bekasi akan terisi air. “Jika kali Bekasi penuh dan tidak tercemar maka suplay air aman karena Kali Bekasi menjadi sumber air bersih dimanfaatkan PDAM,” pungkasnya.

Lihat juga...