hut

Sukseskan TMMD, Warga Desa Tapin Hibahkan Lahan Perkebunan

RANTAU – Sebanyak 38 warga dua desa di Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, rela menghibahkan lahan perkebunannya guna menyukseskan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 Kodim 1010 Rantau tahun 2019.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1010/Rantau, Letkol Inf Rio Neswan, di Rantau, Sabtu mengungkapkan, rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah menghibahkan lahannya untuk pembangunan jalan dan jembatan.

“Tentu ini sebuah penghargaan luar biasa dari masyarakat yang sudah menghibahkan lahannya untuk pembuat jalan pada program TMMD ini,” ujarnya.

Menurut dia, proyek pembuatan jalan pada TMMD ke-106 ini, pihaknya membelah perkebunan karet milik warga dengan total panjang 2,158 meter yang menghubungkan Desa Suato Lama dan Desa Kambang Habang Lama. Di jalan dengan lebar 5 meter dan panjang sekitar 2,1 km juga akan dibangun jembatan.

“Jadi selain menghibahkan tanahnya, warga juga menghibahkan pohon-pohon karetnya yang tentu sudah produktif untuk ditebang. Kami berharap jalan yang kita bangun ini bisa benar-benar mempermudah aktivitas warga, dan dapat meningkatkan perekonomian warga juga,” ujarnya.

Kepala Desa Suato Lama, Mukani, mengatakan, bahwa sebanyak 22 warganya menghibahkan tanahnya untuk program TMMD ini.

“Walaupun ada kendala awalnya, namun setelah dilakukan pendekatan dan musyawarah oleh anggota TNI dan warga, Alhamdulillah semua terselesaikan,” ujarnya.

Dia mengatakan dengan adanya program TMMD ini, sangat terasa kedekatan warga dengan TNI, misalnya saling bergotong royong dalam pelaksanaan TMMD ini.

Zainuddin, warga Desa Kambang Habang Lama, mengatakan, dengan adanya pembangunan jalan melalui program TMMD ini tentu mempermudah aktivitasnya saat ingin ke kebun.

“Tentu kami sebagai warga Desa Kambang Habang Lama merasa bahagia TNI membuatkan jalan yang bagus dan lebar,” ujarnya.

Pada TMMD ke-106 ini, Kodim 1010 Rantau selain membangun jalan sepanjang 2,1 km, juga melakuan bedah rumah sebanyak 5 buah, membangun pos kamling, dan membangun satu buah jembatan. (Ant)

Lihat juga...