hut

Tes Tertulis Cakim Ad Hoc Tipikor Digelar Serentak di 16 Provinsi 

Editor: Koko Triarko

JAKARTA  – Mahkamah Agung (MA) secara serentak menggelar tes tertulis di 16 Wilayah Pengadilan Tinggi di tingkat provinsi, Selasa (22/10). Tes ini diikuti 259 calon hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), yang sebelumnya dinyatakan lulus seleksi administrasi.

“Penyelenggaraan seleksi ujian tes tertulis Calon Hakim Ad Hoc Tipikor merupakan yang ke-12 kalinya. Pelaksanaan tes ini merupakan tahap ke dua dalam satu tahun ini, karena banyaknya kebutuhan hakim Ad Hoc Tipikor yang memasuki pensiun. Tes ini dilaksanakan secara serentak di 16 Wilayah Pengadilan Tinggi Tingkat Provinsi,” kata Ketua Kamar Pidana, Suhadi, selaku Ketua Tim Pengawas dari MA di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Ketua Kamar Pidana MA, sekaligus Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Hakim Ad Hoc Tipikor, Suhadi (kedua dari kanan), membacakan tata tertib tes tertulis di Pengadilan Tinggi Jakarta, Selasa (22/10/2019). -Foto: M Hajoran

Suhadi  menambahkan, para peserta tersebut telah melewati seleksi berkas administrasi. Bagi mereka yang lulus seleksi tertulis ini, nantinya berhak mengikuti tahapan berikutnya, yaitu profile assessment dan wawancara.

“Hari ini sebanyak 259 Calon Hakim Ad Hoc Tipikor mengikuti ujian tes tertulis yang di selenggarakan oleh Mahkamah Agung RI yang tersebar di 16 Pengadilan Tinggi,” ujarnya.

Suhadi menyebutkan, untuk Wilayah Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, penyelenggaraan ujian tes tertulis hadir sebanyak 31 peserta, antara lain pelamar untuk tingkat Pertama 17 peserta dan pelamar tingkat Banding 10 peserta dan tingkat Pertama 21.

Untuk Wilayah Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, penyelenggaraan ujian tes tertulis calon hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi Tahap XI Tahun 2019 langsung dihadiri oleh Ketua Kamar Pidana, Suhadi, dan memantau  seleksi tes tertulis.

“Untuk hasil tes tertulis yang lolos ke tahap ke tiga, akan kita umumkan, dan waktunya belum bisa disampaikan karena bisa saja berubah,” sebutnya.

Lihat juga...