hut

TNI Siapkan Pasukan Perdamaian Garuda XXIII-N UNIFIL

JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) tengah menyiapkan Satgas Batalion Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-N UNIFIL, yang akan bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian dunia di bawah naungan PBB, selama satu tahun di wilayah Lebanon, menggantikan satgas sebelumnya yang akan berakhir masa tugasnya dalam waktu dekat. 

Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Brigjen TNI Victor H. Simatupang, mengatakan, 850 prajurit Satgas Batalion Mekanis TNI Kontingen Garuda  XXIII-N UNIFIL yang mengikuti PDT (Pre Deployment Training) di PMPP TNI, merupakan prajurit-prajurit terpilih melalui seleksi yang ketat dan sulit.

Ada pun materi latihan yang akan didapatkan meliputi materi umum berupa Core Pre Deployment Training Material (CPTM), Core Pre Deployment Training (CPDT), materi teknis, materi pendukung dan beberapa materi aplikasi yang dirancang khusus, guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

“Personel Satgas harus memahami karakterisitik wilayah Lebanon yang tentu saja berbeda dengan negara kita, baik dari sudut geografis, demografis maupun kondisi sosial budayanya,” kata Komandan PMPP TNI, Brigjen TNI Victor H. Simatupang, dalam amanat upacara pembukaan Latihan Pratugas Satgas Batalion Mekanis TNI Kontingen Garuda  XXIII-N UNIFIL, di PMPP TNI, Sentul Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019).

Dalam rilis yang diterima Cendana News, Kamis (3/10/2019), Brigjen Simatupang juga mengatakan, bahwa semua materi yang diberikan kepada peserta PDT merupakan bekal persiapan yang dirancang sedemikian rupa, sehingga sesuai dengan SOP (Standar Operasi Prosedur) dan ROE (Rule Of Engagment) di daerah misi serta sejalan dengan tuntutan operasi penugasan.

Di akhir pengarahannya, Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Victor H Simatupang, memberikan beberapa penekanan kepada seluruh anggota Satgas.

Pertama, tingkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa mendapat perlindungan-Nya dalam setiap pelaksanaan tugas.

Ke dua, laksanakan latihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, kesungguhan, dedikasi dan disiplin yang tinggi, sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

Ke tiga, tingkatkan profesionalisme prajurit dan kerja sama antarunit/tim serta pelihara kecakapan dan keterampilan teknis maupun taktis. Ke empat, perhatikan faktor keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan latihan, baik personel dan materiil.

Personel Satgas Batalion Mekanis TNI Kontingen Garuda  XXIII-N UNIFIL yang berjumlah 850 orang, terdiri dari tiga Matra TNI AD,  TNI AL dan  TNI AU, yang akan dipimpin oleh Letkol Inf. Prasetyo Ari Wibowo, sebagai Komandan Satgas, yang sehari-hari menjabat Danyonif 726/TML Kodam XIV/Hasanuddin, sebagai satuan main body dalam satgas ini.

Lihat juga...