hut

TNI Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Lanal Maumere

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI yang jatuh pada 5 Oktober, TNI di kabupaten Sikka selain melaksanakan apel bersama, juga menggelar aksi penanaman mangrove di pesisir pantai Pangkalan TNI AL (Lanal) Maumere, di kelurahan Wuring.

Penanaman mangorve dan terumbu karang serta pepohonan lain pun selalu dilakukan Lanal Maumere, bekerja sama dengan berbagai perusahaan, Pemda Sikka dan berbagai elemen masyarakat di tahun-tahun sebelumnya.

“Penanaman mangrove sangat penting, karena memiliki banyak manfaat. Selain sebagai tempat hidup biota laut, mangrove juga berfungsi menahan abrasi,” ujar Komandan Lanal Maumere, Letkol (Mar) Totok Nurcahyanto, Senin (7/10/2019).

Dikatakan Totok, hutan mangrove juga sangat bagus sebagai pertahanan untuk menahan serangan musuh dari laut.

Komandan Lanal Maumere, Letkol (Mar) Totok Nurcahyanto. -Foto: Ebed de Rosary

Dia berharap, agar langkah nyata yang telah dilakukan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kesejahteraan masyarakat kabupaten Sikka.

“Kami ucapkan terima kasih atas partisipasi dari Forkopimda dan berbagai elemen yang terlibat dalam kegiatan penamanan mangrove hari ini. Apa yang dilakukan ini juga berfungsi mengurangi risiko bencana,” tuturnya.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, yang juga terlibat dalam aksi ini pun menyebutkan, mangrove merupakan sebuah ekosistem yang diciptakan oleh Tuhan sebagai tempat bertelurnya ikan.

Setelah  bertelur, kata Robi, sapaannya, telur tersebut akan menjadi anak ikan dan hidupnya di padang lamun. Kemudian ikan kecil itu lakan bergeser hidup di terumbu karang, dan setelah dewasa akan bermigrasi ke laut dalam dan berkembangbiak.

“Ketiadaan mangrove akan membuat ikan akan berkurang. Luas hutan mangrove di kabupaten Sikka sepanjang 128 Km², sementara panjang garis pantai 476 Km²,” paparnya.

Mantan camat Nelle ini menambahkan, dengan melakukan penanaman mangrove,  maka  sudah membantu melakukan resourcing perikanan.

Kegiatan seperti ini harus terus disosialisasikan, agar setiap masyarakat di kabupaten Sikka mengetahui manfaat menanam mangrove serta melakukan penanaman dan merawatnya.

“Saya mengapresiasi langkah dan upaya nyata yang dilakukan oleh TNI, dengan menanam mangrove dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI,” ucapnya.

Selain melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai, Lanal Maumere di Nangahure, kelurahan Wuring, kecamatan Alok Barat, penanaman mangrove juga dilakukan di desa Kolisi, kecamatan Magepanda.

Turut terlibat dalam aksi ini, selain aparat Lanal Maumere, hadir juga aparat KODIM 1603 Sikka, Tagana Sikka, karyawan kantor SAR Maumere, Polres Sikka serta para pelajar SMA dan masyarakat.

Lihat juga...