hut

Umat Katolik Lamsel Doakan Pelantikan Presiden Kondusif

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Ratusan umat Katolik dari sejumlah kecamatan di Lampung Selatan (Lamsel) ikut doakan pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

Pastor Paroki Unit Pastoral Bakauheni, Pastor Petrus Tripomo, Pr menyebut umat Katolik dalam Ekaristi ikut berdoa bagi keselamatan bangsa Indonesia.

Pada perayaan Ekaristi di gereja Santo Ferdinando, Pastor Tripomo, menyebut, perayaan Hari Misi Internasional menjadi kesempatan untuk bersyukur. Sebab melalui Gereja Tuhan mengajarkan agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan.

Pada bacaan pertama tentang Nabi Musa memberi contoh agar manusia selalu berdoa dalam setiap kesempatan. Pentingnya doa dalam Kitab Perjanjian Lama menjadi contoh agar manusia tetap berdoa.

Melalui bacaan Injil perumpamaan hakim dan janda miskin ia menyebut agar umat tetap tekun dalam doa. Melalui homili atau kotbah pada umat, pastor Tripomo menyebut umat Katolik diajak untuk berdoa tanpa jemu. Sebab doa tanpa henti akan menjadi pendorong bagi umat Kristiani mendekatkan diri pada Tuhan dan sesama.

Pastor Petrus Tripomo,Pr (kanan) Pastor Paroki Unit Pastoral Bakauheni Lampung Selatan dan Pastor Bernardus Hariyanto Silaban, Pr (kiri) pada Ekarisiti Hari Misi Sedunia, Minggu (20/10/2019) – Foto: Henk Widi

“Hari ini pada perayaan Minggu misi  sedunia sekaligus umat Katolik mendoakan pelaksanaan pelantikan wakil presiden dan wakil presiden agar berjalan kondusif, lancar dan sekaligus menjadi kesempatan bagi umat Katolik untuk berdoa juga bagi perutusan,” ungkap Pastor Petrus Tripomo, Pr dalam homili di gereja Santo Ferdinando, Minggu (20/10/2019).

Melalui pesan Bapa Paus Fransiskus peran Hari Minggu Misi Sedunia menjadi kesempatan untuk menjaga keharmonisan. Sebab perayaan Hari Minggu Misi Sedunia sekaligus perayaan 100 tahun Surat Apostolik Maximum Illud dari Paus Benediktus XV.

Pada misi tersebut umat Katolik diajak untuk setia dalam doa dan menjalankan misi perutusan membawa perdamaian.

Umat Katolik dipanggil menjadi kudus dengan berdoa karena setiap orang dipanggil pada kesucian. Sebagai peringatan hari minggu Misi Sedunia umat Katolik diajak bersama memperingati dengan turut hadir dalam perayaan Ekaristi.

Momen Hari Minggu Misi Sedunia yang dirayakan satu abad menjadi kesempatan untuk refleksi bagi umat Katolik meneguhkan komitmen untuk tekun berdoa.

“Bagi para orangtua agar mengajarkan dalam keluarga terutama anak anak bisa berdoa dan menjaga kebersamaan,” tuturnya.

Kepada ratusan umat Katolik dari sejumlah kecamatan di Lamsel,Pastor Tripomo menekankan pentingnya mengajak anak-anak berdoa. Panggilan bagi anak-anak untuk berdoa juga bisa melayani, membawa sukacita bagi sesama.

Selain itu sebagai bangsa Indonesia umat Katolik berdoa bagi Presiden dan Wakil Presiden masa bakti 2019-2024.

Pada perayaan Ekaristi Hari Minggu Misi Sedunia tersebut juga terlihat diamankan oleh anggota Polres Lampung Selatan.

Kanit pengamanan dalam Satreskrim Polres Lamsel, Inspektur Satu Revi, menyebut pengamanan di sejumlah gereja diperketat. Pengamanan disebutnya merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan agar umat Katolik bisa beribadah dengan aman dan lancar.

Iptu Revi (kanan), Kanit Pamdal Reskrim Polres Lampung Selatan, saat apel pengamanan gereja Santo Ferdinando Kalianda Lampung Selatan pada hari Misi Sedunia, Minggu (20/10/2019) – Foto: Henk Widi

Pengamanan di gereja Santo Ferdinando Kalianda, Iptu Revi menyebut mengerahkan sebanyak 30 personel. Pengamanan sejumlah gereja sekaligus bersamaan dengan pengamanan pintu masuk pelabuhan Bakauheni jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Sebelumnya personel Polres Lamsel telah melakukan sterilisiasi di dalam gereja dan kendaraan yang masuk area gereja agar pelaksanaan ibadah berjalan dengan aman.

Lihat juga...