hut

Wiwit, Ubah Bahan Rempah Jadi Sirup Menyegarkan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Memiliki aktivitas rutin sebagai wanita karir dengan bekerja di salah satu perusahaan tidak membuat Wiwit, berhenti berkarya untuk menciptakan penghasilan tambahan, hingga akhirnya menemukan olahan rempah menjadi sirup menyegarkan.

Melalui inovasinya, ia mengolah bahan rempah menjadi sirup dengan menggunakan bahan seperti jahe merah, sereh merah, cengkeh dan istimewanya menggunakan kayu secang. Produk sirup tersebut dinamainya dengan Secang Wala.

“Saya sudah setahun mengolah sirup Secang Wala. Untuk pemasaran masih sebatas pesanan dari teman atau pun ikut pameran jika ada waktu senggang saja,” ujar Wiwit kepada Cendana News, Selasa (8/10/2019).

Dikatakan bahwa semua bahan baku sirup Secang Wala dipesan dari Jawa seperti Yogya dan daerah Jawa Tengah. Karena untuk kayu secang sendiri diakuinya susah dan langka dicarikan di pasaran. Kayu secang menurutnya memiliki keistimewaan bisa melancarkan peredaran darah dan antioksidan sehingga memberi manfaat bagi tubuh.

Wiwit mengakui bahwa selama ini pemasaran masih dari mulut ke mulut saja, seperti  kenalan yang selalu pesan setiap minggu atau pun mengikuti event bazar untuk memperkenalkan Secang Wala di pasaran.

“Sirup Secang Wala ini, memiliki keunggulan tanpa bahan pengawet dan masih diolah secara tradisional tanpa menggunakan mesin. Masak pertama adalah jahe merah setelah aroma jahenya keluar baru bahan lainnya dimasukkan dan terakhir kayu secang sendiri,” ujarnya.

Olahan sirup Secang Wala menggunakan bahan baku rempah seperti jahe merah, sereh, cengkeh dan kayu secang, memberi manfaat bagi kesehatan di samping menyegarkan, Selasa (8/10/2019). Foto: Muhammad Amin

Dia mengklaim sirup Secang Wala tersebut bisa bertahan hingga dua bulan lebih jika cara penyimpanannya tidak di dalam lemari pendingin. Tapi jika di dalam kulkas bisa lebih dari dua bulan.

Untuk konsumsi tanpa takaran, bisa disesuaikan dengan selera, karena ada yang suka manis ada yang tidak. Dalam satu botol Wiwit mengaku bisa dikonsumsi sampai 15 gelas.

“Sebenarnya saya ada dua olahan, selain Secang Wala ada Tamarind Wala dengan bahan baku asam jawa dan gula aren. Tingkat kesulitan untuk sirup Tamarind Wala adalah di asamnya, karena harus asam yang matang di pohon. Sehingga rasanya bisa keluar dan lebih menyegarkan,” tandasnya.

Tamarind Asam juga, memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan yang sudah banyak diketahui. Untuk harga per botol ukuran 600 Ml Sirup Tamarind Wala hanya Rp25 ribu. Sedangkan harga sirup Secang Wala Rp28 ribu per botolnya.

“Secang Wala lebih banyak menggunakan bahan rempah, seperti Jahe merah, Sereh, Cengkeh dan Kayu Secang yang sulit didapatkan. Untuk pesanan bisa melalui jaringan whatsapp di 0811-1666-857 karena belum memiliki outlet khusus,” tutupnya.

Lihat juga...