hut

Wujudkan ‘Tangerang Terang’, Dishub buat Aplikasi Pemetaan Penerangan Jalan Umum

TANGERANG – Dinas Perhubungan dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang membuat aplikasi khusus untuk memudahkan pemetaan kebutuhan penerangan jalan umum guna mendukung program Kampung Terang dan Tangerang Terang.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan e-Government Kota Tangerang, Adhi Zulkifli, di Tangerang, Sabtu, aplikasi tersebut antara lain memuat data lokasi pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) dalam lima tahun terakhir.

Data tersebut akan menjadi masukan bagi organisasi perangkat daerah terkait dalam memasang lampu penerangan jalan umum sehingga tidak ada lagi penumpukan lampu penerangan di titik-titik jalan tertentu.

“Aplikasi ini bisa melihat peta lapangan dengan sistem geospasial. Memudahkan untuk pimpinan dalam menentukan lokasi pemasangan PJU,” kata Adhi.

Aplikasi tersebut, ia melanjutkan, juga memudahkan petugas melakukan pemantauan dan pemeriksaan kerusakan lampu penerangan jalan umum.

Pemerintah Kota Tangerang menjalankan program Kampung Terang dan Tangerang Terang guna mewujudkan Kota Layak Huni. Selama lima tahun dari 2013 sampai 2018 sudah ada pemasangan penerangan jalan umum di 80 ribu lebih titik dalam program tersebut.

Program Kampung Terang mencakup pemasangan PJU di kawasan jalan dengan lebar tidak lebih dari tiga meter, umumnya di gang permukiman warga. Sedangkan Tangerang Terang mencakup pemasangan lampu penerangan di jalan umum. (Ant)

Lihat juga...