hut

Ada PHK Massal, BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan Kembali Memberi “Pick Up Service”

Ilustrasi - Foto: Istimewa/Dok CDN

PASURUAN – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pasuruan, Jawa Timur memberi pick up service, atau layanan jemput bola kepada peserta yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Kepala Kantor Cabang Pasuruan, Arie Fianto Syofian, menjelaskan, layanan itu diberikan kepada karyawan PT Innovative Plastik Packaging dan PT Segar Sumber Makmur Kabupaten Pasuruan. Mereka mengalami pemutusan hubungan kerja akibat perusahaan tutup.

“Sebanyak 321 karyawan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dari perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan sehingga seluruh karyawan berhenti bekerja. Semua karyawan mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) kepada kantor BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pembantu Tamandayu Pandaan,” ujarnya, Minggu (10/11/2019).

Untuk melayani para peserta, BPJS Tenagakerja berusaha secepatnya,  karena JHT merupakan hak peserta. “Kami melibatkan seluruh tim pelayanan kantor cabang Pasuruan serta seluruh tim KCP Pasuruan Pandaan untuk memberikan pelayanan secara khusus dengan layanan jemput bola itu,” jelasnya.

Jemput bola yang dilakukan pada hari Minggu, dilakukan di kantor KCP Pasuruan Pandaan. Hal itu mempertimbangkan lokasi perusahaan serta domisili peserta, yang mayoritas berada di wilayah Pandaan. Harapannya, peserta tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mengajukan klaim. “Kami buka pelayanan seperti ini bukan kali pertama, karena sudah seringkali kami buka pelayanan pada hari libur khususnya pada saat adanya PHK masal pada suatu perusahaan,” katanya.

Diharapkan, apa yang dilakukan tersebut bisa berdampak positif terhadap pelayanan kepada peserta. “Dengan demikian, apa yang menjadi hak dari peserta itu bisa segera diwujudkan tanpa adanya kendala yang berarti,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...