Animo Masyarakat Riau Jadi PNS Tinggi

Ilustrasi, pelamar CPNS antre memasukkan berkas lamaran di loket BKPP Sleman, DIY – Foto Ant

PEKANBARU – Animo masyarakat Riau untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) cukup tinggi. Hal itu ditandai dengan jumlah pelamar yang sudah mendaftar di seleksi CPNS 2019 mencapai 13 ribu orang.

“Angka ini diperkirakan akan terus bertambah. Menjadi PNS masih dianggap sebagai pekerjaan yang akan menjamin masa depan menjadi lebih baik lagi,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pekanbaru, Masykur Tarmizi, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, dari 13 ribu pelamar, tercatat lamaran terbanyak adalah untuk tenaga pendidik atau guru. Diprediksi, yang bakal lulus administrasi hanya sekira 12 ribu orang. Untuk tahapan awal, di 2019 hanya untuk pendaftaran dan seleksi administrasi. Untuk pelaksanaan tes atau seleksi kompetensi dasar, dan kompetisi bidang (SKD/SKB) direncanakan baru dilaksanakan pada awal 2020 mendatang.

“Panitia hanya mengerjakan tugas tahap awal sebatas penerimaan pendaftaran dan seleksi administrasi CPNS saja. Sedangkan untuk seleksi kompetensi dasar dan bidang, direncanakan awal tahun 2020, sedangkan waktu dan tempat belum dipastikan,” katanya.

Penyelenggaraan SKD/SKB, akan dilakukan oleh daerah masing-masing. Bukan lagi diselenggarakan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tempat pelaksanaan bisa saja memakai ruang sekolah atau tempat lainnya. Namun, untuk soal tes tetap dari BKN.

Berdasarkan data BKPSDM Pekanbaru, tercatat ada 346 formasi CPNS 2019 yang diberikan pemerintah pusat di lingkungan Pemkot Pekanbaru. Formasi terbanyak diperuntukkan untuk tenaga pendidik, yaitu 235 formasi. Dari jumlah tersebut dibagi lagi untuk formasi guru SD mencapai 166 formasi. Sedangkan untuk formasi guru SMP sebanyak 69 formasi dan tenaga kesehatan sebanyak 24 formasi serta tenaga teknis 87 formasi. (Ant)

Lihat juga...