Balikpapan Anggarkan Pengadaan 8 Mobil Ambulans 

Editor: Koko Triarko

BALIKPAPAN – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Balikpapan menganggarkan pembelian 8 unit mobil ambulans dan 2 mobil jenazah, melalui APBD Perubahan 2019.

Wali kota Balikpapan, Rizal Effendi, mengungkapkan pengadaan ambulans sebagian untuk peningkatan fasilitas di Pusat Kesehatan Masyarakat atau yang dikenal dengan Puskesmas.

“Nanti sebagian ada diberdayakan untuk Puskesmas dan ada juga pelayanan di 119, untuk meningkatkan pelayanan, khususnya untuk call center yang selama ini telah dioperasikan,” ungkap Rizal Effendi, di sela acara peringatan hari KORPRI di Balikpapan, Selasa (26/11/2019).

Menurutnya, pemerintah terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan, dari fasilitasnya hingga pelayanannya.

“Termasuk juga meningkatkan standar dan mutu pelayanan,” ujar Rizal Effendi.

Selain peningkatan fasilitas, pihak pemerintah kota juga meningkatkan mutu dan kualitas layanan kesehatan melalui akreditasi.

“Upaya-upaya kesehatan kita cukup efektif, mutu dari pusat-pusat pelayanan kesehatan kita membaik, misalnya akreditasinya,” katanya.

Pihaknya mengharapkan, puskesmas juga harus melakukan upaya-upaya preventif dan promotif, agar warga Kota Balikpapan sehat dan tidak harus mengeluarkan biaya kesehatan.

“Jadi, puskesmas bukan hanya berperan untuk perawatan dan mengobati, tapi juga akan kita upayakan preventif dan promotif,” pungkasnya.

Lihat juga...