Balikpapan Butuh Bantuan Pusat Lengkapi Fasilitas Stadion Batakan

Editor: Koko Triarko

BALIKPAPAN – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 Pemkot Balikpapan, diperkirakan mengalami defisit sebesar Rp160 miliar, sehingga diperlukan bantuan dari pemerintah pusat untuk menambah fasilitas di Stadion Batakan.

Pasalnya, masih ada beberapa fasilitas yang harus dilengkapi, yakni kursi, lapangan latihan, parkir dan akses jalan masuk ke stadion tersebut.

“Melihat masih besarnya fasilitas yang harus dipenuhi untuk stadion, tentu tidak bisa sepenuhnya oleh APBD kota. Perlu adanya bantuan dari Kemenpora,” ungkap Rizal Effendi, Wali Kota Balikpapan, Kamis (28/11/2019).

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, saat acara Rakor di Aula Kantor Pemkot Balikpapan, Kamis (28/11/2019) -Foto: Ferry Cahyanti

Bahkan, pihaknya mengharapkan sebagai daerah penyangga ibu kota negara (IKN), pembangunan Stadion Batakan bisa masuk bagian dalam Proyek Strategi Nasional (PSN).

“Ini stadion yang bisa dijadikan proyek strategis nasional, karena dia berada di daerah penyangga Ibu Kota,” singkatnya.

Menurut data, pembangunan stadion berkapasitas 46 ribu tersebut telah menelan anggaran lebih dari Rp1,3 triliun. Stadion tersebut selama ini dibangun dengan multiyears, menggunakan APBD Kota Balikpapan dan Provinsi Kaltim.

“Memang belum semua selesai, karena kita masih membutuhkan anggaran yang besar untuk melengkapinya,” ujar Rizal Effendi.

Karena itu, Rizal menambahkan, perlunya bantuan dari pemerintah pusat. “Kementerian pemuda dan olah raga pasti punya anggaran pembangunan untuk fasilitas olah raga. Dari situ harapannya bisa membantu,” imbuhnya.

Lihat juga...