hut

Balikpapan Siap Bantu Biaya Sertifikasi Halal UMKM

Editor: Koko Triarko

BALIKPAPAN – Untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Pemerintah Kita Balikpapan siap mengalokasikan anggaran dalam program sertifikasi halal. Hal itu bertujuan untuk meringankan pemilik usaha kecil dalam pengurusan sertifikat halal, mengingat jumlah UMKM yang sudah memiliki sertifikasi halal masih sangat minim.

“Kita akan siapkan alokasi anggaran untuk itu, agar meringankan pemilik usaha kecil dalam mengurus sertifikat halal,” jelas Wali Kota, Rizal Effendi, menanggapi kebijakan sertifikat halal, Selasa (12/11/2019).

Meski telah siap mengalokasikan anggaran untuk sektor tersebut, pihaknya menyebutkan belum tahu anggaran yang akan dialokasikan untuk biaya sertifikasi halal bagi UMKM. Karena hingga kini masih menunggu keputusan Kementerian Agama, yang telah mengambil alih penerbitan sertifikat halal.

“Saya belum bisa sebutkan anggaran, karena masih menunggu regulasinya dulu dari pusat. Kalau sudah ada, kita bisa lihat berapa anggarannya,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Asisten 1 Pemerintah Provinsi Kaltim, Jauhar Effendi, dan Kepala Dinas Sosial, Purnomo, menyerahkan bantuan kepada 20 kelompok usaha bersama atau Kube yang ada di Kota Balikpapan.

Bantuan yang diberikan berupa modal usaha berupa peralatan, di antaranya tenda dan peralatan masak. Total bantuan yang diberikan senilai Rp260 juta, bersumber dari APBD Provinsi, Kota dan Pusat.

Lihat juga...