hut

Baru 137 Pendaftar CPNS Banyumas Lakukan Submit

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO –  Sejak dibuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Banyumas, Senin lalu, hingga Jumat (15/11/2019) malam sudah ada 626 pendaftar. Namun dari jumlah tersebut, yang sudah submit atau mengirimkan berkas lengkap baru 137 orang.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan  dan Pelatihan Daerah (BKDD) Kabupaten Banyumas, Achmad Supartono, mengatakan seleksi CPNS dilakukan dengan cara terbuka dan transparan. Hal tersebut penting untuk bisa menghasilkan  pegawai yang profesional.

“Saya mengimbau agar para CPNS yang mendaftar, untuk mengisi berkas-berkas dengan lengkap dan teliti. Sebelum dikirim, baca kembali dan koreksi lagi, sehingga data benar-benar lengkap dan tidak sampai gugur di persyaratan administratif,” pesannya, Jumat (15/11/2019).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKDD) Kabupaten Banyumas, Achmad Supartono, memberikan informasi tentang CPNS Banyumas. -Foto: Hermiana E. Effendi

Supartono mengingatkan, sebelum mengunggah data, agar memastikan data yang diisikan telah benar. Terutama dalam pilihan formasi dan jabatan yang sesuai dengan pendidikan. Kemudian, melengkapi data dan sejumlah dokumen persyaratan lainnya, sesuai dengan maksimal ukuran yang ditetapkan.

“Misalnya untuk syarat scan KTP, maksimal size 200 KB, yang dikirim jangan melebih dari 200 KB. Scan ijazah maksimal 600 KB format PDF, harus sesuai aturan dan lainnya,” terangnya.

Untuk pendaftaran CPNS 2019 ini, Kabupaten Banyumas mendapatkan formasi 377 orang. Dengan rincian, 275 formasi untuk  tenaga kependidikan dan 96 formasi untuk tenaga kesehatan dan sisanya untuk tenaga teknis.

Menurut Supartono, formasi yang disediakan untuk Kabupaten Banyumas masih sangat kurang. Terutama untuk tenaga pendidikan yang kebutuhannya sampai 3.000 an.

Sementara dari 275 formasi untuk tenaga kependidikan, paling dominan adalah untuk guru kelas, yaitu 166 orang.

Kuota CPNS 2019 untuk Kabupaten Banyumas tahun ini memang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kabupaten lain. Kabupaten Cilacap, misalnya, mendapatkan kuota hingga 815 orang dan Kabupaten Purbalingga mendapatkan kuota 475 orang.

“Untuk pelamar yang belum mengirimkan lamaran, jika ingin mendapatkan informasi mengenai penerimaan, syarat, dan cara pendaftaran CPNS 2019 di Kabupaten Banyumas dapat dilihat pada situs web http://bkppd.banyumaskab.go.id/. Atau bisa juga dengan datang langsung ke kantor BKDD Banyumas,” pungkasnya.

Lihat juga...