hut

Bekasi Dapat Hibah Tiga Kapal Pembersih Sungai

Editor: Mahadeva

BEKASI – Pemkot Bekasi mendapat bantuan kapal pembersih sungai atau Seahamsters, hibah atas kerjasama Pemkot Bekasi dengan Waste4Change, One earth One ocean dan Reset Plastic, Recycle. Kota Bekasi menjadi pilot project dari penggunaan kapal pembersih sungai. Hibah tiga unit kapal diberikan secara bertahap.

Rencananya kapal tersebut akan disiagakan di Bendungan Prisdo, Kota Bekasi. “Pengadaan kapal sama sekali tidak menggunakan Anggaran Pemerintah dan Belanja Daerah Kota Bekasi. Harus dipahami ini bukan pinjaman yang harus dikembalikan tapi murni hibah,” ungkap Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Kamis (14/11/2019).

Tri Adhianto Wakil Wali Kota Bekasi, saat ditemui Cendana News, Kamis (14/11/2019) – Foto M Amin

Kapal bantuan tersebut untuk membersihkan sungai, dengan fokus pada daerah aliran sungai Kali Bekasi. Keberadaanya disiagakan di Bendungan Prisdo, untuk mengantisipasi jika ada kiriman sampah dari hulu sungai.

Namun diharapkan, ada upaya pencegahan langsung pada sumbernya, yakni dengan menyadari agar sampah tidak dibuang ke aliran sungai. Sehingga tercipta kesadaran masyarakat, tentang pentingnya menjaga lingkungan. Dari catatannya, sampah di Kota Bekasi setiap harinya mencapai 1.800 ton. “Selama ini pembersihan sampah di kali Bekasi hanya dilakukan secara manual, dengan dibantu tim katak,” tandasnya.

Bantuan kapal pembersih sampah tersebut akan mempermudah petugas kebersihan menjaga lingkungan kali Bekasi. Utamanya dari pencemaran sampah yang datang dari hulu sungai.
Penyerahan Kapal pembersih sungai berlangsung di Hotel Pullman Jakarta dua hari lalu. Hadir pada acara tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

Lihat juga...