hut

Bupati Purbalingga: Pahlawan Masa Kini, Sigap Menolong

Editor: Makmun Hidayat

PURBALINGGA — Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menegaskan, pahlawan masa kini yang dibutuhkan rakyat adalah sosok yang kaya akan prestasi serta ringan tangan atau suka menolong. Siapapun yang butuh pertolongan akan ditolong, mulai dari korban bencana, masyarakat miskin hingga pertolongan sekecil apapun.

“Saat ada bencana, dengan segera ikut menolong, ada warga miskin kelaparan, dengan sigap ditolong, ada tetangga kesusahan, langsung diberikan pertolongan. Itulah sosok pahlawan masa kini,” kata Bupati Purbalingga saat memberikan sambutan di upacara Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019).

Lebih lanjut bupati yang biasa disapa Tiwi ini mengatakan, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh semua warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata. Yaitu menolong sesama dan memperkuat keutuhan NKRI.

Menurut Tiwi, jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Namun, sekarang untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi ditunjukan dengan cara menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, serta mengharumkan nama bangsa.

“Saya sangat berharap, peringatan hari pahlawan ini, jangan sekedar seremonial dan kemudian selesai. Tetapi rangkaian peringatan ini, termasuk ziarah ke makan pahlawan, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan peduli terhadap sesama serta menanamkan rasa menghormati para pahlawan pendahulu negeri ini,” tuturnya.

Bupati Tiwi mengajak masyarakat Purbalingga, untuk tidak membiarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Tidak membiarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. “Jangan biarkan negeri kita terkoyak, serta tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain,” tegasnya.

Sementara itu, setelah melaksanakan upacara bendera, seluruh jajaran mengikuti Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Purbosaroyo, Kabupaten Purbalingga. Upacara ini dipimpin oleh Danlanud JB Soedirman, Letkol Pnb Arie Sulanjana ST MPM dengan menghentingkan cipta untuk para pahlawan dan dilanjutkan dengan tabur bunga.

Lihat juga...