hut

Cilacap Siapkan Dana Bantuan Rumah Rusak Akibat Angin Kencang

Editor: Koko Triarko

CILACAP – Sebanyak 169 rumah yang rusak akibat angin kencang di Kabupaten Cilacap, dalam waktu dekat akan diberikan bantuan. Total bantuan mencapai Rp466.140.000, yang diperuntukan bagi rumah rusak berat, sedang dan ringan.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto, mengatakan rumah yang mendapat bantuan merupakan rumah yang rusak akibat angin kencang pada Kamis (14/11/2019). BPBD sudah melakukan pendataan dan ada 168 rumah yang mendapat bantuan.

“Untuk rumah yang rusak berat ada 14 dan masing-masing kita berikan bantuan Rp5 juta, yang rusak ringan ada 5 rumah dan diberikan bantuan Rp3 juta per rumah. Dan, untuk yang rusak ringan tercatat ada 146, dan mendapat bantuan bahan bangunan saja,” terang Tri Komara, Selasa (19/11/2019).

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto, -Dok: CDN

Lebih lanjut Tri Komara menjelaskan, untuk rumah yang rusak berat dan ringan, selain mendapat bantuan uang tunai, juga mendapat bantuan bahan bangunan. Bantuan yang diberikan, baik uang tunai maupun bahan bangunan, anggarannya berasal dari APBD 2019.

Dari data BPBD Cilacap, ada lima kecamatan yang terdampak angin kencang, yaitu Kecamatan Wanareja, Kecamatan Gandrungmangu, Kedungreja, Sidareja dan Kecamatan Cipari.

Di Kecamatan Wanareja, ada dua desa yang terdampak, yaitu Desa Purwasari dimana enam 6 rumah mengalami rusak berat dan 80 rusak ringan. Kemudian di Desa Cilongkrang, ada 4 rumah rusak berat,. 2  rusak sedang dan 24 rumah rusak ringan.

Sementara di Kecamatan Gandrungmangu, juga ada dua desa terdampak, yaitu Desa Wringinharjo ada satu rumah rusak berat dan di Desa Bulusan ada 2 rumah rusak berat dan satu rusak ringan.

Di Kecamatan Kedungreja, saru rumah roboh di Desa Bojongsari dan satu rumah rusak sedang di Desa Rejamulya. Sisanya, di Kecamatan Sidareja, ada satu rumah roboh, satu rumah rusak berat, 2 rusak sedang dan 2 rusak ringan. Dan, di Desa Tinggarjaya, satu rumah roboh. Desa Mulyadadi, Kecamatan Cipari, juga terdampak, sebanyak 39 rumah warga rusak ringan.

“Selain mendapatkan bantuan dana dan bahan bangunan pascaangin kencang, warga terdampak juga mendapatkan bantuan bahan makanan dari Dinas Sosial Kabupaten Cilacap,” pungkasnya.

Lihat juga...