hut

Cucu Tutut Soeharto Rayakan Ritual Tedhak Siten

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Hj. Siti Hardiyanti Rukmana atau akrab pula disapa Mbak Tutut Soeharto, menyelenggarakan upacara Tedhak Siten bagi cucunya, yakni Arsyanendra Athallah Rukmana, putra pertama dari pasangan Ajie Sulistiyo Dwi Putra Maryulis dengan Danvy Sekartaji Indri Haryanti Rukmana.

Tedhak siten merupakan rangkaian prosesi adat tradisional dari tanah Jawa yang diselenggarakan pada saat pertama kali seorang anak belajar menginjakkan kaki ke tanah.

Tedhak berarti menginjak, dan Siten artinya tanah. Upacara Tedhak Siten ini dilakukan sebagai rangkaian acara yang bertujuan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, juga berisi semua harapan dan arahan dalam hidup.

Arsyanendra Athallah Rukmana, putra pertama pasangan Ajie Sulistiyo Dwi Putra Maryulis dengan Danvy Sekartaji Indri Haryanti Rukmana, saat berada di dalam kurungan, Sabtu (23/11/2019) – Foto: M. Fahrizal

“Calon orang sukses dan memiliki harta berlimpah, berbakti kepada kedua orang tua, menjaga dan melindungi keluarga, peduli terhadap sesama,” ucap Mbak Tutut Soeharto, ketika Arsyanendra Athallah Rukmana memilih uang dolar yang berada di dalam kurungan ayam, di kediamannya, Jalan Yusuf Adiwinata, SH, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Dalam prosesi Tedhak Siten yang dipandu oleh Liz Widowati dan Sri Retno Dewati ini, pasangan Ajie Sulistiyo Dwi Putra Maryulis dengan Danvy Sekartaji Indri Haryanti Rukmana  didampingi Mbak Tutut Soeharto dan suaminya, Indra Rukmana, terlihat bahagia menikmati prosesi upacara tersebut.

Terlebih Arsyanendra Athallah Rukmana, cucu ke sepuluh Mbak Tutut Soeharto, juga begitu bahagia walaupun suasana ramai.

Setahap demi setahap prosesi upacara Tedhak Siten Arsyanendra Athallah Rukmana
dilalui dengan penuh suka cita. Para sesepuh yang hadir menyaksikan ikut merasakan suasana hangat pasangan Ajie Sulistiyo Dwi Putra Maryulis dengan Danvy Sekartaji Indri Haryanti Rukmana.

Danvy Sekartaji Indri Haryanti Rukmana saat menggendong putranya pada acara Tedhak Siten, Sabtu (23/11/2019) – Foto. M. Fahrizal

Setelah melalui prosesi upacara, sebagai pamungkas atau penutup, pasangan Ajie Sulistiyo Dwi Putra Maryulis dan Danvy Sekartaji Indri Haryanti Rukmana menggendong Arsyanendra Athallah Rukmana, meminta doa restu kepada para sesepuh dan segenap keluarga.

Titiek Soeharto yang juga hadir di acara ini berharap agar Arsyanendra Athallah Rukmana menjadi orang kuat yang dapat menjaga dan melindungi kedua orangtua, keluarga, dan saudara.

Begitu pula  Mamiek Soeharto yang turut hadir di acara ini  mendoakan semoga Arsyanendra Athallah Rukmana menjadi pemimpin, menjadi presiden yang dapat mensejahterakan bangsa Indonesia.

Lihat juga...