hut

Daya Tarik Mangga Mengkal Khieo Sawoei di Mekarsari

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Khieo Sawoei atau Kyo Savoy termasuk varietas mangga yang tidak dikenal luas di Indonesia. Tapi di negara asalnya, Thailand, Khieo Sawoei termasuk salah satu mangga yang berharga jual tinggi dan sangat populer.

Staf Agro Taman Buah Mekarsari, Anna Sartika Hutapea, menyebutkan varietas Khieo Sawoei ini memiliki keistimewaan rasa manis dan tekstur crunchy saat buah belum matang.

“Walau masih muda, Khieo Sawoei ini tidak asam. Dan teksturnya hampir seperti jambu bol dengan warna daging buah kuning muda, bahkan cenderung putih,” kata Anna di Kebun Mangga Taman Buah Mekarsari Bogor, Sabtu (30/11/2019).

Saat matang, kulit buahnya menjadi hijau gelap dan jika dipegang akan terasa halus. Aromanya harum dan daging buahnya tidak berserat.

“Kalau matang, jenis mangga ini menjadi sangat manis. Terlalu manis malah, sehingga banyak yang lebih menyukainya dalam kondisi masih mengkal seperti ini,” kata Anna seraya menunjukkan mangga Khieo Sawoei yang masih dalam kondisi 40 persen.

Mangga Khieo Sawoei pada kondisi 40 persen, Sabtu (30/11/2019) – Foto: Ranny Supusepa

Saat matang, daging buah yang crunchy akan berubah menjadi lembut tapi tetap kering.

“Bentuk buahnya oval cenderung panjang. Tidak seperti Green Bombay yang bulat. Berat per buah antara 400-600 gram. Dan dalam satu tangkai biasanya hanya terdapat satu buah,” ujarnya.

Karena kemarau yang cukup panas tahun ini, Anna menyebutkan Khieo Sawoei koleksi Taman Buah Mekarsari dapat dipanen untuk pertama kalinya.

“Mangga ini pertama kali ditanam di Mekarsari pada tahun 1995. Dan ada sekitar 20 pohon saat ini,” ujar Anna.

Ia menyebutkan bahwa Khieo Sawoei ini memiliki kecenderungan yang gampang sekali berbunga tapi susah sekali menjadi buah.

Menurut data, Khieo Sawoei ini dapat ditemukan hingga wilayah North Carolina Amerika Serikat. Dan biasanya ditanam oleh pemiliknya di dalam pot untuk hiasan teras karena bunganya yang bagus. Selain itu, susunan daunnya juga padat sehingga terlihat cantik.

“Sayang sekali, sekarang sudah tidak ada bunganya. Sudah menjadi buah semua,” pungkasnya.

Lihat juga...