hut

Desa Pengaringan Dibantu Internet Desa oleh Pemprov Sumsel

Ilustrasi Wifi – Foto: Istimewa

BATURAJA – Desa Pengaringan, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, tahun ini mendapat bantuan program internet desa dari pemerintah provinsi setempat.

Bantuan yang disalurkan, pemasangan hotspot secara gratis bagi masyarakat di wilayah itu. “Hotspot ini rencananya akan dipasang di dua titik, satu di kantor desa dan di tempat keramaian lainnya di Desa Pengaringan,” kata Kepala Desa Pengaringan, Ogan Komering Ulu (OKU), Adi, Minggu (17/11/2019).

Bantuan internet desa tersebut merupakan bagian dari program Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, hasil kerja sama dengan PT Icon. Yaitu, menyediakan jalur internet desa menggunakan fiber optik yang terintegrasi ke jaringan listrik PLN.

Setiap desa, akan diberi dua titik hotspot atau pancaran akses internet gratis dengan kecepatan masing-masing 5 Mbps per-bulan. “Termasuk di desa kami yang menerima bantuan internet desa tersebut tahun ini,” jelasnya.

Menurutnya, pemasangan hotspot bantuan dari pemerintah tersebut sangat membantu masyarakat, utamanya  untuk mengakses jaringan internet. “Hotspot ini selain dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di desa kami, juga bisa digunakan oleh warga se-Kecamatan Semidang Aji, untuk mengakses jaringan internet secara gratis,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan informasi Sumsel, Achmad Rizwan, menyampaikan, tidak semua desa di setiap kabupaten mendapat bantuan internet tersebut. “Ada beberapa perwakilan desa di setiap kabupaten yang mendapat bantuan program internet desa ini. Untuk tahap awal pemasangan kami akan menjaga konektivitasnya agar tetap stabil,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...