hut

Disnaker Balikpapan Buka Layanan Malam Hari

Editor: Koko Triarko

BALIKPAPAN – Untuk meningkatkan pelayanan publik, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Balikpapan membuka pelayanan di luar jam kerja pada malam hari, mulai Rabu (6/11). Pelayanan yang diberikan meliputi pembuatan kartu pencari kerja (AK1), konsultasi pencari kerja/perusahaan dan lainnya.

Pelayanan pada malam hari ini berlangsung dua kali dalam satu minggu. Yaitu, pada Rabu dan Jumat mulai pukul 19.00-21.00 WITA, di Kantor Dinas Tenaga Kerja di jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

“Inovasi pelayanan ini dengan melihat momen kita yang akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Baru. Dan, untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang belum bisa datang pada jam kerja, dan ini wadahnya yang dirangkum dalam “Job Café”, yaitu melayani masyarakat dengan santai dan hangat,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja, Tirta Dewi saat peluncuran Pelayanan di Luar Jam Kerja, Rabu (6/11/2019) malam.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Balikpapan, Tirta Dewi, saat meluncurkan layanan di luar jam kerja, Rabu (6/11/2019) malam. –Foto: Ferry Cahyanti

Menurutnya, pelayanan ini sebagai alternatif masyarakat untuk datang ke disnaker yang memiliki keperluan. “Karena ini sebagai alternatif masyarakat dalam pelayanan. Seperti yang belum sempat pada saat jam kerja bisa datang pada malam hari,” sebutnya.

Pelayanan yan paling tinggi adalah pelayanan penerbitan AK1 untuk pencari kerja. Dalam satu hari bisa mencapai 30 orang. “Itu hari biasa, tapi kalau saat momen akan ada job market fair bisa capai 100-300 orang yang datang,” ulas Tirta Dewi.

Dia berharap dengan inovasi layanan ke masyarakat ini bisa meningkatkan kinerja layanan kepada masyarakat. Apalagi dalam satu gedung ini ada Tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menempati.

“Harapannya kita memang kepada peningkatan kinerja layanan kepada masyarakat, menambah performa Pemerintah untuk hadir di masyarakat. Juga memberikan kenyamanan, karena satu gedung kita ada tiga OPD,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sejak Januari hingga Oktober 2019, jumlah pencari kerja atau pengangguran mencapai 8.238 orang. Jumlah itu yang tercatat oleh Disnaker Balikpapan.

Lihat juga...