hut

Dispendukcapil Sikka Kejar Target Pemenuhan 10.500 KIA

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sikka terus melakukan rekam data dan pengambilan foto siswa dengan mendatangai sekolah untuk mengejar target kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Tahun ini kami menargetkan memberikan 10.500 KIA, namun kami baru memproses dan membagikan sebanyak 4.200 KIA hari ini,” kata Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sikka, Martha Huberty Pega, Senin (18/11/2019).

Dikatakan Martha, jumlah anak usia 0-18 tahun di Kabupaten Sikka hingga bulan Oktober 2019 sebanyak 111.621 jiwa dimana yang telah memiliki akte kelahiran sebanyak 94.201 jiwa.

Untuk mencapai target KIA, imbuh Martha, Dispendukcapil akan terus menurunkan staf mendatangi sekolah-sekolah melakukan perekaman data anak sekaligus melakukan sosialisasi.

“Kartu ini dapat digunakan untuk pemenuhan hak anak, mengurus sekolah, keimigrasian, akses kartu kesehatan, transaksi keuangan atau tabungan, dan mencegah terjadinya perdagangan anak,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga dalam kesempatan pemberian KIA mengharapkan agar Dispendukcapil bisa berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Sikka.

Koordinasi dilakukan untuk mempermudah pembuatan KIA. Selain itu juga harapnya, dapat juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas dan Polindes untuk keperluan pembuatan akta kelahiran.

“Seluruh camat, lurah dan kepala dusun harus mendukung program percepatan ini dan membangun kerja sama dengan Dispendukcapil,” harapnya.

Disdukcapil diminta Romanus, kedepannya harus terus membangun kerja sama dengan mitra terkait, seperti toko buku agar anak-anak yang memiliki KIA bisa mendapatkan diskon pembelian buku.

Dirinya juga meminta agar Dispendukcapil terus melakukan terobosan dan inovasi agar dalam memperoleh akta kelahiran maupun KIA, tidak dipersulit dan cepat dalam pengurusannya.

“Bangun kerjas ama dengan LSM dalam rangka untuk percapatan cakupan pelayanan akta kelahiran dan KIA di wilayah ini,” pesannya.

Banyak manfaat jika seorang anak memiliki KIA, kata Romanus, di antaranya untuk memenuhi hak anak, untuk persyaratan mendaftar sekolah dan untuk bukti diri anak sebagai data identitas ketika membuka tabungan atau menabung di bank.

Lihat juga...