hut

DKI Jakarta Segera Miliki Masjid Apung

Editor: Mahadeva

JAKARTA – DKI Jakarta segera memiliki Masjid Apung pertama, yang akan menjadi ikon baru Kota Jakarta. Sabtu (9/11/2019). Pemprov DKI Jakarta melakukan groundbreaking masjid tersebut di Ancol.

“Alhamdulillah, kita berharap Ancol Ini bukan saja menjadi tempat di mana Pemprov DKI mendapatkan pendapatan yang cukup secara finansial, tapi juga di sini memiliki fungsi sosial (dan) pembangunan,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan., di Pantai Ria, Jakarta Utara, Sabtu (9/11/2019).

Keberadaan masjid apung akan membuat Ancol menjadi kawasan wisata multi aspek. Termasuk di dalamnya adalah cultural tourism atau wisata kurtural. “Ada pengalaman baru yang didapat oleh masyarakat yang hadir di sini. Dan itu bukan saja hiburan, tapi juga ada tempat di mana ikon seperti masjid ini menjadi salah satu pengalaman unik di dalam mereka (berwisata) ke Ancol. Kita berharap nantinya Masjid Apung ini menjadi salah satu ikon, bukan hanya hari ini, tapi menjadi salah satu ikon Masjid Indonesia (pada) dekade yang akan datang,” tutur Anies.

Proses pembangunan Masjid Apung Ancol direncanakan memakan waktu satu tahun, mulai dari pelaksanaan pemancangannya (ground breaking). Lokasinya yang menjorok dari daratan, menjadikan masjid ini bangunan yang unik dan satu-satunya di Jakarta.  “Ini bukan masjid pertama yang dibangun dipinggir pantai dan sudah banyak masjid-masjid lain. Dan teknologi sudah memungkinkan untuk bisa mengukur kekuatan konstruksinya sehingga bisa aman lintas waktu,” paparnya.

Nantinya area masjid memiliki luas 2.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 2.500 orang jamaah. Bangunan akan berbentuk segi lima, yang mencerminkan Rukun Islam, serta jumlah waktu salat wajib dalam satu hari.

Tinggi masjid mencapai 25 meter, yang melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan dalam Alquran. Pada sisi luar masjid akan terdapat enam buah minaret (menara) yang melambangkan dasar Rukun Iman.”Karena itu desain yang disiapkan oleh Pak Andra Matin adalah desain yang membuat para pengguna masjid itu punya pengalaman bersama dengan alam. Nanti permukaan air laut yang naik turun, perubahan malam dan siang, posisi matahari atau bulan (misalnya), itu semua membuat masjid ini menjadi sesuatu yang unik,” tuturnya.

Sementara Mantan Wapres Jusuf Kalla mengungkapkan, masjid apung di Ancol akan menjadi objek wisata religi baru. Selama ini, JK menilai Ancol dikenal dengan hiburan-hiburannya. Namun, masjid apung ini, dapat memenuhi kebutuhan beribadah bagi yang sedang berada di Ancol. “Tadi saya katakan, dulu Ancol terasosiasi dengan hiburan. Karena jadi hiburan, keluarga, orang-pun tak punya batas waktu. Dulu Ancol malam ramai, kalau sekarang siang malah lebih ramai. Itu hubungannya kebutuhan pokok waktu dan ibadah,” pungkas JK.

Lihat juga...