hut

DPPU Sorong Diklaim Mampu Beroperasi Hingga 20 Tahun

Suasana peresmian Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di Bandara Domine Eduard Osok (DEO), Kota Sorong, Papua Barat – Foto Ant

SORONG – PT Pertamina (Persero) memastikan, Depot Pengisian Pesawat Udara DEO Sorong, Papua Barat, dapat beroperasi melayani aktivitas Bandara Domine Eduard Osok hingga 20 tahun mendatang.

Vice President Operation dan Services PT Pertamina (Persero), Kusumo Wibowo mengatakan, DPPU DEO dilengkapi tiga unit tangki avtur kapasitas 500 Kilo Liter (kl) per-tangki. Selain itu, DPPU DEO juga dilengkapi dengan satu tangki air berkapasitas 700 kl untuk prosedur keselamatan.

Dilengkapi pula dengan tempat pompa serta terminal automated system. “Serta beberapa fasilitas lainnya untuk mempermudah pelayanan bagi aktivitas pengisian bahan bakar di bandara Domine Eduard Osok Kota Sorong,” ujarnya.

Pembangunan DPPU DEO Sorong direncanakan untuk jangka panjang, melayani aktivitas di bandara Sorong minimal 20 tahun kedepan.

General Manager Marketing Operation Region VIII PT Pertamina (Persero), Gema Iriandus Pahalawan mengatakan, pembangunan DPPU DEO Sorong bukan untuk satu atau dua tahun ke depan, tetapi 20 hingga 30 tahun ke depan. Kapasitas ketersediaan atur pelayanan DPPU DEO bisa bertahan 22 hari sekali pengisian. Jika dibandingkan dengan kenaikan permintaan yang mencapai 16 persen pertahun, maka dipastikan dalam waktu 20 tahun ke depan harus diperbaharui.

“Kita akan terus mengembangkan DPPU DEO Sorong tersebut sesuai dengan kebutuhan yang ada. Bahkan ke depan pengisian avtur pesawat tidak lagi menggunakan mobil tangki, tetapi menggunakan teknologi yang lebih maju. DPPU Sorong memiliki fasilitas lengkap dan termodern. dengan terminal automatic system yang menjadi satu-satunya di wilayah Timur Indonesia,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...