hut

Dubes Malaysia Tawarkan Kerja Sama Pariwisata di Balikpapan

Editor: Koko Triarko

BALIKPAPAN – Pemerintah Malaysia berencana membuat kerja sama dalam mempromosikan pariwisata Malaysia dan Indonesia, dalam satu paket perjalanan wisata.

Hal itu terungkap dalam kunjungan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin Bakar, ke Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (21/11/2019). Kunjungan itu diterima oleh Wakil Wali kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, bersama Ketua Kadin Balikpapan, Yaser Arafat.

Datuk Zainal menjelaskan, kerja sama yang dilakukan adalah mempromosikan paket wisata, baik pihak Indonesia atau Malaysia. Paket wisata itu mengenai destinasi kedua negara yang harapannya bisa menarik pengunjung.

“Kami berencana akan membuat paket liburan paket dua negara, jadi ketika wisatawan membeli satu paket liburan tujuannya ke tempat wisata yang ada di Indonesia dan Malaysia, dalam satu rute perjalanan,” terangnya.

Program tersebut bertujuan untuk memberikan keuntungan kepada dua negara dalam mempromosikan potensi wisata, sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Dia pun menargetkan empat juta turis dari Indonesia akan ke Malaysia pada 2020 mendatang.

“Berdasarkan data 2018, ada 3,2 juta turis asal Indonesia telah datang ke Malaysia. Tahun ini, sampai September telah tercatat 2,7 juta turis Indonesia ke Malaysia, atau meningkat 15 persen dibanding periode yang sama 2018,” sebutnya.

Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, menyambut baik program yang ditawarkan oleh Pemerintah Malaysia ke Pemerintah Kota Balikpapan.

“Ada beberapa yang bisa ditawarkan, seperti wisata mangrove dan lainnya,” ujarnya.

Ia mengharapkan, melalui kerja sama itu dapat meningkatkan potensi investasi yang ada di Kota Balikpapan.

Lihat juga...